nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Brexit, JPMorgan Cari Kantor Baru di Prancis

Irene, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 20 278 2155334 jelang-brexit-jpmorgan-cari-kantor-baru-di-prancis-DAINzXEL0S.jpg JPMorgan (Reuters)

JAKARTA - Bank asal Amerika Serikat JPMorgan Chase & Co akan membeli bangunan di kota Paris untuk menampung 450 stafnya di beberapa tahun mendatang. Hal ini dikarenakan JPMorgan ingin memindahkan kantornya dari London karena Inggris ingin keluar dari Uni Eropa.

Perluasan itu diharapkan membuat ibu kota Prancis di mana saat ini memiliki 260 staf menjadi basis terbesar kedua di Eropa setelah London yang memiliki 10.000 staf.

 Baca juga: Bos Uniqlo: Inggris Bisa Kembali ke Era Sebelum Margaret Thatcher

Dalam tahap awal, JPMorgan akan mentransfer tim penjualan, kemudian diikuti dengan staf perdagangan. Jadwal pemindahan ini akan bergantung pada waktu Inggris keluar dari Uni Eropa.

"Paris akan menjadi pilar kedua untuk kegiatan pasar kami di Eropa, London masih akan menjadi nomor satu karena kami hanya mentransfer kegiatan euro," ujar keterangan Bank JPMorgan, melansir Reuters, Jakarta, Senin (20/1/2020).

 Baca juga: Ketidakpastian Brexit Picu Penurunan Investasi Terbesar di Inggris

Hal ini mencerminkan tren berkembang sebuah bank yang mengalihkan kegiatan pasarnya ke kota-kota zona mata uang euro sebagai antisipasi brexit. Tak perlu dipertanyakan lagi, London adalah yang paling dominan sebagai pusat keuangan di Eropa.

CEO JPMorgan di Paris, Kyril Courboin mengatakan keputusan pihaknya untuk segera merelokasi ini sejalan dengan percepatan dalam proses brexit yang menjadwalkan Inggris meninggalkan Uni Eropa pada 31 Januari mendatang.

 Baca juga: PHK Manufaktur di Inggris Semakin Tinggi

Sementara pembelian gedung ini diumumkan pada hari Minggu sebagai bagian dari kampanye "Choose France". Di mana sebuah acara investasi tahunan yang dibuat oleh Presiden Emmanuel Macron untuk menarik para pemimpin bisnis ke Perancis dalam perjalanannya ke Forum Ekonomi Dunia setiap Januari.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini