nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gandeng MNC Sekuritas, Rumah Zakat Target Himpun Wakaf Saham hingga Rp30 Miliar

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 16:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 21 278 2156135 gandeng-mnc-sekuritas-rumah-zakat-target-himpun-wakaf-saham-hingga-rp30-miliar-b2L5QtBpBo.jpeg MNC Sekuritas bekerjasama dengan Rumah Zakat (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Rumah Zakat Indonesia menargetkan mampu menghimpun wakaf saham sebesar Rp20 miliar hingga Rp30 miliar di sepanjang tahun 2020. Lembaga filantropi ini baru saja bekerjasama dengan PT MNC Sekuritas dalam menghimpun wakaf saham.

"Khusus wakaf saham kami targetkan minimal Rp20 miliar-Rp30 miliar," ujar CEO Rumah Zakat Nur Effendi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

Dia menjelaskan, wakaf saham merupakan kategori wakaf produktif melalui aset bergerak. Jadi investor pasar modal dapat mewakafkan saham syariah melalui Rumah Zakat Indonesia, di mana manfaat yang diambil berasal dari dividen.

Baca Juga: Nasabah Institusi MNC Sekuritas Lakukan Kunjungan ke PT Ginting Jaya Energi

Dalam hal ini MNC Sekuritas berperan sebagai pengelola saham tersebut. "Jadi nilai saham pokoknya tetap, yang kemudian diambil manfaatnya adalah dividennya, ini untuk kerbermanfaatan yang lebih berkelanjutan atau jangka panjang," katanya.

Menurutnya, kerjasama dengan MNC Sekuritas juga dilakukan dengan optimalisasi wakaf saham kepada investor di pasar modal. Hal itu dilakukan melalui kegiatan edukasi, literasi, dan sosialisasi wakaf saham pada tahun ini di 28 kota di berbagai wilayah Indonesia.

"Kami akan edukasi bahwa filantropi itu tidak hanya zakat, ada wakaf juga, yang manfaatnya lebih besar dan lebih berkelanjutan dan berjangka panjang," kata dia.

Baca Juga: MNC Sekuritas Resmikan Kantor Cabang di Gading Serpong

Nur menambahkan, secara umum potensi wakaf nasional dapat mencapai angka Rp300 triliun. Pihaknya pun menargetkan untuk keseluruhan wakaf yang dihimpun Rumah Zakat Indonesia bisa mencapai Rp150 miliar pada tahun ini.

Pada tahun 2019, pihaknya mampu mengelola dana wakaf sebanyak Rp25 miliar. Dana tersebut disalurkan di berbagai desa berdaya yang sejauh ini telah ada di 1.620 titik desa.

"Kita intervensi desa-desa itu dengan dana wakaf. Selain itu untuk pembangunan 18 sekolah, 10 Rumah Sakit dan klinik," katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini