nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Minyak Naik Dipicu Penutupan Dua Basis Produksi di Libya

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 09:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2155874 harga-minyak-naik-dipicu-penutupan-dua-basis-produksi-di-libya-dsl0hbJfAD.jpg Harga Minyak Naik (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Harga minyak dunia naik ke level tertinggi dalam lebih dari sepekan pada perdagangan Senin waktu setempat. Hal ini menyusul ditutupnya dua basis produksi minyak mentah besar di Libya yang diblokade militer dan berisiko mengurangi aliran minyak mentah dari anggota OPEC.

Mengutip halaman Reuters, Selasa (22/1/2020), minyak mentah Brent, LCOc1, naik 35 sen, atau 0,5%, menjadi USD65,20. Sementara West Texas Intermediate CLc1 terakhir diperdagangkan 12 sen, atau 0,2% lebih tinggi menjadi USD58,66 per barel.

Baca Juga: Harga Minyak Stagnan Usai Kesepakatan Dagang AS-China

Dua ladang minyak utama di Libya barat daya mulai ditutup pada hari Minggu setelah pasukan yang setia kepada Khalifa Haftar menutup satu saluran pipa, yang berpotensi memangkas produksi nasional hingga sebagian kecil dari level normalnya.

National Oil Corporation (NOC) mengatakan, NOC menyatakan force majeure pada pemuatan minyak mentah dari ladang minyak Sharara dan El Feel, menurut sebuah dokumen yang dilihat oleh Reuters. Penutupan, yang mengikuti blokade pelabuhan minyak besar timur, berisiko mengambil hampir semua output minyak negara itu offline.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Naik Tipis

Namun, kenaikan harga minyak sebelumnya mereda setelah beberapa analis dan pedagang mengatakan gangguan pasokan di Libya akan berumur pendek dan bisa diimbangi oleh produsen lain, membatasi dampak pada pasar global.

“Pasar minyak tetap memiliki stok yang cukup dan bantal kapasitas cadangan yang sehat. Dengan kata lain, dampak kenaikan harga mungkin terbukti cepat berlalu, ”kata Stephen Brennock dari broker minyak PVM.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini