nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kata-Kata Martin Luther King Jr yang Berbekas di Pikiran Warren Buffett

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2155990 kata-kata-martin-luther-king-jr-yang-berbekas-di-pikiran-warren-buffett-VrhPP018e8.jpg Warren Buffett (Reuters)

JAKARTA – Pendiri sekaligus pemilik Berkshire Hathaway Warren Buffet mengaku terinspirasi dari perkataan Martin Luther King Jr pada enam bulan sebelum pembunuhannya. Kekuatan retorika King menginspirasi salah satu orang terkaya di dunia ini untuk lebih memperjuangkan hak-hak orang sipil.

Warren Buffet bersama istrinya, Susan menghadiri acara penggalangan dana di Grinnel College pada Oktober 1967 lalu. “Saya ingat pidato yang disampaikan oleh Martin Luther King,” ujarnya dalam sebuah film dokumenter HBO.

 Baca juga: Punya USD110,5 Miliar, Bill Gates Habiskan untuk Apa?

“Itu adalah salah satu pidato paling menginsipirasi yang pernah saya dengar. Pidato itu mampu membawa saya keluar dari zona nyaman saya,” lanjut CEO Berkhsire Hathaway, dilansir Business Insider, Selasa (21/1/2020).

Menurut Buffet, King Jr selalu membicarakan tentang kebenaran. Di mana, kebenaran akan mempengaruhi masa depan.

 Baca juga: Pendiri Lotte Shin Kyuk-ho Tutup Usia, Ini Kekayaannya

“Walaupun dia mati enam bulan kemudian, kebenaran memang benar-benar mempengaruhi masa depan,” ujarnya.

Kata-kata King memang sangat berbekas di diri Buffet sehingga dirinya memiliki rasa urgensi untuk melakukan sesuatu yang lebih untuk hak-hak sipil. Tekad Buffet semakin terlihat saat pertama kali dirinya menghasilkan uang yang banyak dari usahanya.

Buffet bahkan mengadvokasi hak-hak sipil dalam beberapa cara seperti memerangi anti semitisme. Dia dan istirnya adalah orang-orang non-Yahudi pertama yang bergabung dengan klub yang isinya orang Yahudi.

Pasangan ini juga kerap kali mendorong negara-negara lain untuk menerima orang Yahudi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini