nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bentuk Tim Investigasi, Ombudsman Dalami Kasus Jiwasraya dan Asabri

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 320 2156596 bentuk-tim-investigasi-ombudsman-dalami-kasus-jiwasraya-dan-asabri-09OOBPV63n.jpg Kantor Jiwasraya (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ombudsman mengatakan pihaknya akan melakukan investasi mendalam kasus korupsi dan dugaan pencucian uang PT Jiwasraya dan PT Asabri. Oleh karena itu, Ombudsman sudah membentuk tim khusus untuk mendalami kasus gagal bayar asuransi berplat merah itu.

"Bukan hanya Jiwasraya atau Asabri, yang terpenting bagi kami adalah proses pengawasan yang lebih baik," ungkap Anggota Ombudsman Republik Indonesia Alamsyah Saragih di Kantor Ombudsman, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Dia juga membahas mengenai pengawas eksternal yang ada di asuransi milik negara itu. Amzulian mengungkapkan, jika dalam pengawas eksternal semua pihak dilibatkan tetapi pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak diikutsertakan.

Baca Juga: Bentuk Panja, DPR Pastikan Pengembalian Dana Nasabah Jiwasraya

"Seperti yang sudah dijelaskan, kami juga akan melihat kepada pihak pengelola data transaksi, menanyakan kepada Kementerian Hukum dan HAM soal kasus itu," lanjutnya.

Adapun pembentukan tim oleh Ombudsman ini pada 30 hari kerja diharapkan dapat memberikan satu atau dua saran yang berkaitan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 102 tahun 2015 tentang Asuransi Sosial Prajurit TNI Anggota POLRI Dan Pegawai Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Kementerian Pertahanan Dan Kepolisian Republik Indonesia.

Baca Juga: Usut Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa 5 Karyawan PT Hanson Internasional

"Kemudian pada 30 hari setelahnya, tim penyelidik dari Ombudsman diharapkan dapat menyerahkan hasil investigasi kepada DPR sebagai hasil pertimbangan," paparnya.

Sebelumnya, Ombudsman telah membentuk tim guna menyelidiki kasus tindak pidana korupsi Jiwasraya dan Asabri.

"Kita baru membentuk tim," kata Ketua Ombudsman Amzulian Rifai di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini