nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kayu Manis, Rempah RI yang Menguasai Pasar Dunia

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 18:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 26 320 2158458 kayu-manis-rempah-ri-yang-menguasai-pasar-dunia-Oto5xfgoo4.png Kayu Manis (Foto: Instagram Kemendag)

JAKARTA - Indonesia kaya akan rempah, salah satunya kayu manis. Maka dari itu, tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kayu manis terbesar di dunia.

Baca Juga: RI Siap Tingkatkan Ekspor Rempah-Rempah ke Belanda

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan, 85% kayu manis yang ada di seluruh dunia sebagian besar dipasok dari Indonesia.

"Indonesia merupakan salah satu produsen utama kayu manis di dunia. Hampir 85% kayu manis dunia dipasok dari Indonesia," tulis Kemendag yang dilansir dari akun Instagramnya pada Minggu (26/1/2020).

Baca Juga: Pasar Ekspor Rempah dan Sarang Burung Walet ke AS Terbuka Lebar

Berdasarkan unggahannya, jenis kayu manis yang paling banyak dibudidayakan di Tanah Air yaitu Cinnamomum Burmanni. Daerah penghasil terbanyak kayu manis jenis ini di Sumatera Barat dan Pegunungan Kerinci.

Kayu manis Indonesia paling banyak diekspor ke Amerika Serikat, Belanda dan Brasil. Tak hanya itu, negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam juga mengimpor kayu manis dari negara ini.

Keuntungan yang didapat dari ekspor rempah ini terbilang besar. Misalnya, impor kayu manis oleh Amerika Serikat mencapai USD122,2 juta setara Rp1,67 triliun (kurs Rp13.715 per USD) pada 2017.

Kemendag mengatakan, walaupun sudah mengekspor banyak tetapi masih perlu meningkatkan industri pengolahan kayu manis. Jika pengolahan sudah canggih, maka kayu manis bisa diproduksi lebih banyak dan memakan waktu lebih sedikit dalam mengolah rempah khas Indonesia ini.

Maka dari itu, pemerintah diharapkan agar tak henti-hentinya memberi edukasi dan pelatihan kepada para petani, sehingga petani mampu melakukan teknik pengolahan dengan lebih baik.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini