Jadikan Usaha Kue Klepon Lebih Bernilai, Begini Caranya

Irene, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 26 320 2158556 jadikan-usaha-kue-klepon-lebih-bernilai-begini-caranya-rWrwA8c1i1.jpg Kue Klepon (Foto: Selerarasa)

JAKARTA - Keberadaan kue tradisional tak dapat tersingkirkan oleh hadirnya kue-kue modern. Permintaan terhadap kue tradisional salah satunya kue klepon, cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan klepon merupakan makanan yang sudah biasa disantap sejak kecil.

Melansir buku "19 Inspirasi Bisnis Jajanan Populer dan Lauk Favorit" karya Yuyun Anwar, Minggu (26/1/2020), klepon merupakan salah satu jajanan pasar berwarna hijau alami daun pandan yang sangat digemari masyarakat. Kue klepon terbuat dari adonan tepung beras, berbentuk bulat, diisi gula merah kemudian direbus dan digulingkan dalam kelapa parut yang juga telah direbus.

Baca Juga: 9 Jurus Jitu Bisnis Minuman dan Snack

Usaha menjual klepon pun bisa dibilang bisnis yang menjanjikan sehingga tidak sedikit orang yang tertarik untuk bergelut di dalamnya. Namun agar tidak terjebak dalam persaingan ketat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi anda yang tertarik untuk memasuki bisnis ini.

Membuat klepon anda berbeda dengan produk di pasaran menjadi salah satu langkah jeli agar usaha anda dapat dengan mudah dikenal orang. Mungkin untuk isian klepon tidak hanya dari gula merah, tetapi bisa diganti dengan bahan lain seperti isian coklat, kacang atau vanila.

Baca Juga: Ingin Buka Usaha Kedai Bakso? Tentukan Dulu Lokasinya!

Selain itu kemasan yang menarik juga bisa meninggalkan kesan unik di hati para pembeli. Tidak hanya itu, dengan mengemasnya secara unik, produk anda juga dapat bertambah nilai jualnya, misalnya mengemas klepon dengan daun pincuk atau plastik mika.

Kemudian sistem penjualan yang tepat juga penting untuk diperhatikan. Misalnya untuk para pemula, dengan menitipjualkan klepon ke pasar tradisional, toko kue, supermarket atau penjual makanan keliling.

Baca Juga: Kiat-Kiat Memulai Usaha Cuci Motor, Berapa Modalnya?

Peralatan dalam membuat klepon juga tak luput untuk diperhatikan. Biasanya peralatannya sederhana dan tidak memerlukan investasi besar. Selain itu, bagi anda yang tertarik bergelut dalam usaha klepon, anda juga harus melakukan analisis usaha yang terdiri dari perhitungan harga jual dan keuntungan yang nantinya akan diraup.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini