nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Virus Korona, Menhub Minta Bandara dan Pelabuhan Diperketat

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 13:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 320 2158869 antisipasi-virus-korona-menhub-minta-bandara-dan-pelabuhan-diperketat-xd9bEPyeTI.jpg Pengawasan Bandara Soetta Diperketat (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wabah virus korona yang menyebar dengan cepat mendapatkan perhatian khusus dari berbagai macam negara di dunia. Tidak terkecuali juga dengan Indonesia yang terus waspada agar virus ini tidak masuk dan menyebarkan wabahnya di sini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya meminta kepada seluruh stakeholder di perhubungan untuk melakukan antisipasi pencegahan masuknya virus korona ke Indonesia. Khususnya di sektor udara dan juga laut yang merupakan gerbang masuk turis-turis asing masuk ke Indonesia.

 Baca juga: Pembebasan Lahan Bandara Komodo Ditargetkan Selesai dalam 3 Bulan

“Menindaklanjuti imbauan dari Mensesneg, saya meminta seluruh stakeholder transportasi khususnya di sektor udara dan laut untuk memerhatikan perkembangan virus Corona di Wuhan, China dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif,” ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Senin (27/1/2020).

Budi menambahkan, upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh para operator sektor transportasi udara dan laut yaitu melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang dan kru yang lebih intensif. Dirinya juga meminta pemeriksaan khusus dilakukan kepada penumpang atau kru dari tujuan asal negeri China.

 Baca juga: Terminal Diperluas, Kapasitas Bandara Sultan Thaha Akan Jadi 2,6 Juta Penumpang

Selain itu, dirinya juga meminta agar koordinasi antar stakeholder ini bisa dilakukan secara intensif. Tujuannya agar petugas di Bandara dan Pelabuhan internasional yang dilalui penumpang dari tujuan asal negeri China diharapkan menggunakan masker.

“Tadi malam saya telah meminta Dirjen Hubud, Dirjen Hubla berkoordinasi dengan AP I, AP II, Pelindo I sd IV untuk segera melakukan upaya-upaya secara intensif,” kata Menhub.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini