Warren Buffett Jual Rugi Seluruh Bisnis Media Cetak Miliknya

Vania Halim, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 320 2160620 warren-buffett-jual-rugi-seluruh-bisnis-media-cetak-miliknya-hqFZzhJfj7.png Warren Buffett (Foto: Reuters)

JAKARTA - Warren Buffett menjual seluruh bisnis surat kabar media cetak senilai USD140 juta Rp1,9 triliun (kurs Rp13.600 per USD) kepada Lee Enterprises.

Penjualan ini lebih kecil dari apa yang dikeluarkan Buffett ketika membeli 28 surat kabar pada satu dekade lalu sebesar USD344 juta.

Buffett menjual 31 surat kabar harian termasuk Omaha World-Herald dan Buffalo News kepada Lee Enterprises. Koran-koran Lee meliputi St Louis Post-Dispatch dan Napa Valley Register.

Lee mengambil alih manajemen publikasi Berkshire Hathaway, perusahaan konglomerasi milik Buffett pada tahun 2018, dengan imbalan biaya tahunan USD5 juta dan potongan keuntungan.

"Kami tidak tertarik menjual kelompok kepada siapa pun karena satu alasan sederhana: Kami percaya bahwa Lee berada pada posisi terbaik untuk mengelola ini dan menghadapi tantangan industri," kata Buffett seperti dilansir Business Insider, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Buffett dan mitra investasinya Charlie Munger, telah mengenal dan mengagumi Lee selama lebih dari 40 tahun dan penerbit telah mengelola surat kabar Berkshire dengan sangat baik.

Sebagai bagian dari penjualan, Berkshire akan memberi Lee USD576 juta dalam pembiayaan jangka panjang dengan tingkat bunga tahunan 9%, yang memungkinkan penerbit untuk melunasi utang-utang yang ada dan menghemat sekitar USD5 juta bunga setiap tahun.

Pasca-pembelian media ini, saham Lee melonjak 58% dalam perdagangan pra-pasar pada hari Rabu, menambahkan sekitar USD42 juta untuk kapitalisasi pasarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini