nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Buka Usaha Rumahan, Ikuti Langkah-Langkah Ini

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 14:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 02 320 2162101 ingin-buka-usaha-rumahan-ikuti-langkah-langkah-ini-I83bM31pVC.jpeg Laporan Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Dewasa ini, pertumbuhan bisnis atau usaha rumah terus berjamur. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang berkeinginan untuk memiliki usaha ala milenial.

Namun, walau usaha rumahan bukan berarti upaya promosi tidak harus dilakukan. Promosi merupakan hal yang patut dilakukan karena dapat mendatangkan potensi-potensi para pembeli.

Manfaat promosi antara lain ialah memperkenalkan produk yang dijual di tengah situasi persaingan yang kian ketat.

Mengutip buku ’38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta’ karya Yuyun A yang terbit pada 2010, Jakarta, Minggu (2/2/2020), terdapat tips-tips jitu dalam memulai home industry.

Baca Juga: Beda Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan, dari Dapur hingga Uang Sewa

1. Menentukan dan Mempelajari Jenis Makanan atau Minuman

Langkah awal memulai bisnis kuliner ialah menentukan jenis produk makanan atau minuman skala rumah tangga yang akan dipilih. Setelah itu pelajari karakteristiknya, mulai dari bahan baku, peralatan, cara membuat, kegunaan, cara konsumsi, penyimpanan, hingga pendistribusian.

Dengan mempelajari hal-hal di atas, kamu bisa menghitung kebutuhan modal dan menentukan standar operasional pembuatan.

2. Mengenal Target Pasar dan Segmentasi Konsumen

Setelah itu, kamu dapat melakukan pembagian target pembeli atau konsumenmu. Pembagian yang sangat mudah adalah membagi pasar secara ekonomi, yaitu segmen atas yang memiliki daya beli tinggi, segmen menengah dengan daya beli sedang, dan segmen bawah yang berkantong terbatas.

Namun, pengertian segmentasi tidak hanya berkutat pada pembagian ekonomi saja, tetapi juga wilayah, usia, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri dan kepentingan sendiri saat membeli produk yang dijajakan.

Baca Juga: Mau Bisnis Jus? Pemilihan Buah yang Paling Penting!

3. Positioning

Pada langkah ini adalah persepsi yang diciptakan agar produk yang dijual memiliki ciri khas tersendiri. Fungsinya ialah membuat produk yang dijual tidak mudah dilupakan konsumen di tengah saingan yang ada.

Pada positioning juga harus disokong oleh perlengkapan berupa properti untuk meninggalkan kesan di benak konsumen.

4. Perbedaan yang Nyata (Significant Different)

Pada bisnis kuliner rumahan tidak hanya cukup mengandalkan bahan baku terpilih, rasa enak, tempat strategis, harga murah, bersih, dan kemasan yang bagus. Kamu perlu membuat strategi agar bisnis kuliner yang dilakukan memiliki perbedaan yang nyata.

Untuk mencapainya, kamu memerlukan pemahaman mengenali karakter bisnis tertentu dan kemampuan mengenali keinginan konsumen yang tidak tersirat.

Perbedaan yang nyata ini tidak harus berasal dari bahan atau pelayanan, tapi dengan memberikan sentuhan kecil yang membuat usaha rumahanmu berbeda dan meninggalkan kesan di konsumen.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini