Cegah Virus Korona, Mendag Akan Stop Impor Makanan dan Minuman dari China

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 320 2162579 cegah-virus-korona-mendag-akan-stop-impor-makanan-dan-minuman-dari-china-SAToD3jPvv.jpg Impor (Reuters)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag), akan menghentikan sementara impor bahan pangan, produk makanan, dan minuman dari China. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona ke Indonesia semakin serius.

"Impor produk makanan, dan minuman dari China kami stop sementara. Nanti kita akan rapatkan terlebih dahulu dengan Kementerian lain. Dan masalah ini dalam proses pembahasan terus," ujar Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto di Kantor BPK Jakarta, Senin (3/2/2020).

 Baca juga: Sepanjang 2019, Impor Indonesia Turun 9,53%

Dia memastikan, dengan penghentian impor sementara ini, tidak akan berdampak pada stok produk makanan, dan minuman. Bahkan dirinya yakin ada alternatif lainnya untuk mengatasi penyetopan impor tersebut

"(Mengganggu stok), sementara ini belum, nanti pasti ada alternatif. Kalau memang bahan itu tetap dibutuhkan dan tidak dan ada kekosongan di Indonesia otomatis kita mencari penggantinya," ungkap dia.

 Baca juga: Impor Indonesia USD14,50 Miliar pada Desember 2019, Turun 5%

Kemudian, lanjut dia, penghentian impor dari China ini hanya produk makanan, dan minuman. Sementara untuk ekspor Indonesia ke China masih tetap dilakukan.

"Penyetopan sementara baru makanan dan minuman," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini