nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stop Impor Produk China Bakal Ganggu Pasokan? Ini Kata Mendag

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 16:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 03 320 2162635 stop-impor-produk-china-bakal-ganggu-pasokan-ini-kata-mendag-NBAWxFAPhL.jpg Stop Impor Produk China (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Indonesia berencana menghentikan sementara impor bahan pangan, produk makanan, dan minuman dari China. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus korona atau corona virus ke Indonesia semakin serius. Pemerintah pun pastikan tidak akan menggangu stok produk makanan, dan minuman.

"(Mengganggu stok) sementara ini belum. Makanya ini kita analis. Pasalnya nanti pasti ada alternatif. Apabila memang bahan itu tetap dibutuhkan dan tetap tidak ada kekosongan di Indonesia," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto di Kantor BPK Jakarta, Senin (3/1/2020).

Baca Juga: BPS Pastikan Virus Korona Berdampak pada Jumlah Wisman

Dia menuturkan dengan penghentian impor sementara ini, Kemendag akan mencari alternatif lain. "Otomatis kita cari penggantinya, yakni ke negara lain," ungkap dia.

Namun, lanjut dia, pihaknya belum bisa memastikan komoditas lainnya yang akan dilarang. Sebab dirinya masih dievaluasi dengan Kementerian lainnya.

Baca Juga: Cegah Virus Korona, Mendag Akan Stop Impor Makanan dan Minuman dari China

"Jadi, ini kan masih kita evaluasi. Tak bisa kita putuskan sekarang. Sehingga saya bilang tadi. Nah kita harus tunggu pembahasan dengan Kementerian lain," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag), akan menghentikan sementara impor bahan pangan, produk makanan, dan minuman dari China. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona ke Indonesia semakin serius.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini