nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Pemerintah Gencar Bangun MRT hingga LRT

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 12:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 04 320 2163078 alasan-pemerintah-gencar-bangun-mrt-hingga-lrt-xCoP48cxHZ.jpg Proyek LRT Jabodebek. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Jumlah pengguna angkutan atau transportasi umum di Indonesia masih sedikit dibandingkan Jepang dan Singapura. Hal ini pun menjadi alasan pemerintah untuk terus membangun infrastruktur untuk transportasi umum di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kesadaran masyarakat menggunakan transportasi umum masih kurang. Di satu sisi pemerintah bangun sistematis, kalau tidak digunakan akan sia-sia.

Baca Juga: Menhub Minta Pemda Libatkan Swasta untuk Transportasi Umum

"Kalau dari catatan kita masih 30% pengguna transportasi umum, idealnya kan 60% bahkan 70%, Makanya pemerintah sekarang giat membangun MRT dan LRT," ungkap dia.

Menurut catatannya, jumlah pengguna angkutan umum di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) baru 32%. Angkah pengguna tersebut masih rendah dibandingkan negara seperti Jepang dan Singapura.

Baca Juga: Pengguna Angkutan Umum di Jabodetabek Masih Sedikit Dibanding Jepang dan Singapura

"Jepang dan Singapura rata-rata pengguna angkutan umum sudah capai 50%-60%. Maka itu harapan kita menjadi satu tujuan untuk mencapai itu," ujar dia.

Dirinya pun mengimbau, Pemda bisa mengajak swasta dalam menyediakan transportasi umum yang layak. Skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) bisa menjadi pilihan kerjasama.

"Kita sekarang meminta Pemda untuk KPBU yang melibatkan swasta untuk membuat transportasi umum. Sudah kita inisasi di beberapa tempat, kalau bandara itu di Labuan Bajo, Kereta Api di Sulsel. Jadi bukan tidak mungkin LRT dan MRT di Jabodetabek akan dilakukan dengan pola pendanaan seperti itu," ujar dia.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini