nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi 2021, KCIC Butuh 2.400 Pekerja Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 14:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 05 320 2163726 kereta-cepat-jakarta-bandung-beroperasi-2021-kcic-butuh-2-400-pekerja-baru-F70Lrikr8C.jpg Kereta Cepat (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membutuhkan 2.400 pekerja sebagai persiapan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Kereta Cepat Jakarta Bandung rencanannya akan dioperasikan perdana pada 2021.

Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra mengatakan, pemenuhan SDM unggul untuk operasional kereta cepat merupakan salah satu agenda penting di tengah masifnya proses pembangunan proyek KCJB.

Baca Juga: Pekerja Proyek Kereta Cepat Suspect Virus Korona, Ini Kata Menhub

Dengan SDM unggul, kereta cepat akan memberikan pengalaman terbaik tidak hanya dari kenyamanan dan rasa aman menggunakan teknologi kereta namun juga dengan pelayan profesional dari seluruh kru kereta cepat.

“Setelah 30 orang pertama yang bergabung dengan kami untuk mewujudkan kereta cepat pertama di Asia Tenggara, kami membuka kembali kesempatan bagi semua generasi muda yang ingin mewujudkan mimpi membangun masa depan transportasi modern di Indonesia," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Baca Juga: KCIC‎ Benarkan Pekerja Kontrak Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Suspect Virus Korona

Sementara itu, Direktur Human Resources PT KCIC Puspita Anggraeni mengatakan para pekerja ini nantinya akan menjadi generasi pertama di Indonesia yang mampu mengoperasikan kereta cepat. Memang pihaknya mencari pekerja lebih cepat dengan harapan saat kereta cepat beroperasi, SDM sudah siap.

“KCIC membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk menjadi bagian dari keluarga Kereta Cepat Jakarta Bandung. Yang terpilih ini nantinya akan menjadi generasi pertama di Indonesia yang mampu mengoperasikan sarana dan prasarana kereta cepat. Kami menunggu SDM Unggul Indonesia untuk kami siapkan sehingga pada saatnya nanti beroperasi mereka sudah menjadi SDM yang terampil ” ujar Puspita.

Sebagai informasi, rekrutmen karyawan dilakukan secara masif dalam beberapa gelombang untuk ditempatkan pada berbagai posisi yang terkait dengan operasional kereta cepat seperti di bidang persinyalan, teknisi, hingga passanger attendant.

Nantinya, perusahaan membuka kesempatan bagi mereka yang baru lulus (freshgraduate) maupun yang telah berpengalaman, khususnya di bidang transportasi. Utamanya posisi yang perlu terpenuhi dengan segera seperti Masinis dan personil untuk Operation Control Center (OCC) kereta cepat.

Pada gelombang pertama, telah direkrut 30 calon karyawan dan saat ini sedang menjalani sejumlah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan sesuai dengan standar yang dibutuhkan dalam pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Adapun karyawan yang membutuhkan sertifikasi khusus nantinya akan mendapatkan kesempatan pendidikan hingga ke luar negeri.

Program rekruitment untuk operasional kereta cepat diharapkan menjadi langkah awal bagi anak bangsa untuk dapat berkarir dan mengembangkan diri dalam industri moda transportasi massal modern di Indonesia. Nantinya, yang berminat bisa mengirim menuju alama email perusahaan.

Namun, sebelum itu pelamar dapat mencermati kualifikasi yang dibutuhkan melalu akun sosial media dan website resmi perusahaan

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini