nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lesunya Ekonomi China Berimbas ke RI, Mari Elka: Kita Masih Selalu Ada Untungnya

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 15:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 11 20 2166756 lesunya-ekonomi-china-berimbas-ke-ri-mari-elka-kita-masih-selalu-ada-untungnya-jOxNfE0dwp.jpg Mari Elka Pangestu (Foto: Okezone)

JAKARTA - Virus Korona diprediksi akan membuat perekonomian China mengalami penurunan sekira 1-2%. Bahkan, ada pula prediksi penurunannya hingga 3%.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pelaksana Bank Dunia Terpilih Mari Elka Pangestu mengatakan bila terjadi penurunan ekonomi China, pastinya akan berimbas ke Indonesia. Namun, dirinya mengatakan Indonesia masih ada keuntungan.

 Baca juga: Ekonomi RI Kuartal I-2020 Diprediksi 5%, Terdongkrak Momentum Puasa dan Lebaran

"Ada satu hitungan yang basisnya itu suatu analisa makro ekonomi tiap 1% tiongkok turun pertumbuhannya, indonesia bisa terkena imbas 0,3%," ujarnya, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Namun, dirinya mengatakan hal ini pastinya sudah diantisipasi oleh pemerintah. Apalagi, Indonesia selalu mempunyai keuntungan dari dalam negeri.

 Baca juga: Ini Fakta Virus Korona Serang Ekonomi Indonesia

"Kita masih selalu ada untungnya. Untungnya kita punya pasar dagri yang besar," ujarnya.

Dirinya mencontohkan, pada krisis keuangan di 2008 Indonesia sudah melakukan antisipasi. Oleh sebab itu, saat ini Indonesia harus lakukan langkah-langkah mengamankan daya beli di dalam negeri.

"Jadi apa kebijakan-kebijakan yang bisa kita lakukan supaya daya beli dan konsumsi di dalam negeri itu terus tumbuh dalam keadaan ekspor akan melemah (serta) investasi akan melemah," ujarnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini