nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diminta Kejar Kemudahan Berbisnis di Posisi 40, Ini yang Dilakukan Sri Mulyani

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 14:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 12 20 2167288 diminta-kejar-kemudahan-berbisnis-di-posisi-40-ini-yang-dilakukan-sri-mulyani-n93zNmtH4N.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan peringkat kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) naik ke peringkat 40. Pasalnya, masih ada 4 komponen yang di atas peringkat 100 hingga saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, sedang mengkaji apakah 4 komponen yang masih di atas 100 bisa diperbaiki.

 Baca juga: Presiden Jokowi Ingin Kebut Kemudahan Usaha ke Peringkat 40, Ini Caranya

“Kalau dari saya umpamanya kemudahan membayar pajak itu ada 4 komponen berapa kali harus bayar pajak dalam satu tahun, berapa lama harus isi formulir dan lain-lain. Kita ada perbaikan,” ujarnya, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, yang cukup fundamental nantinya jika omnibus law perpajakan disetujui oleh DPR. Selain itu, mengenai skor tarif yang kompetitif akan masuk pada peraturan tahun depan.

 Baca juga: Jokowi: UMKM Mungkin Tak Usah Izin Usaha tapi Hanya Registrasi

“Lalu untuk trading across border, Bea Cukai dengan Kemenhub dengan pelabuhan sudah mencoba memperbaiki. Namun mungkin kita perlu ada perbaikan fundamental. Jadi artinya bagus kalau ini sudah membaik,” ujarnya.

Sementara itu,lanjut Sri, memberi tekanan reformasi birokrasi dan regulias harus lebih mudah dan simple. “Sehingga masyarakat dan bisnis itu menikmati pelayanan yang baik,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini