Jokowi: UMKM Mungkin Tak Usah Izin Usaha tapi Hanya Registrasi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 320 2167187 jokowi-umkm-mungkin-tak-usah-izin-usaha-tapi-hanya-registrasi-RSJKxtMJzN.jpg Jokowi Pimpin Ratas (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar kemudahan berusaha di Indonesia atau Ease of Doing Business (EODB) yang saat ini berada di peringkat 73 harus dinaikkan ke urutan 40 dunia.

Baca Juga: Izin Usaha di RI Ruwet, Jokowi Bandingkan dengan China

Untuk itu, Jokowi meminta para menteri dan kepala lembaga terkait untuk berbenah diri dalam perizinan usaha di Indonesia.

Jokowi juga meminta perhatian EODB tidak hanya ditujukan untuk pelaku usaha menengah dan besar, tetapi juga mengutamakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)

"Agar fasilitas kemudahan berusaha ini diberikan kemudahan-kemudahan baik dalam penyederhanaan maupun mungkin tidak usah izin tetapi hanya registrasi biasa," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan tema Akselerasi Peningkatan Kemudahan Berusaha di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga: Peringkat Kemudahan Usaha RI Masih di 73, Ini Tugas Jokowi ke Para Menteri

Sebelumnya, Jokowi kembali menyoroti kemudahan izin berusaha di Indonesia yang terlalu lama dan ruwet. Jokowi bahkan membandingkan izin berusaha di China yang lebih cepat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini