nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Siti: Tidak Benar Pembangunan Ibu Kota Baru Musnahkan Hutan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 19:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 12 470 2167503 menteri-siti-tidak-benar-pembangunan-ibu-kota-baru-musnahkan-hutan-ziEHxRB0Pp.jpg Menteri LHK Siti Nurbaya. (Foto: Okezone.com/Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan ibu kota baru mengedepankan prinsip lingkungan. Instruksi tersebut menegaskan bahwa pembangunan ibu kota di Kalimantan tidak akan merusak hutan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, pembangunan ibu kota baru sama sekali tidak akan merusak hutan yang ada di sana. Meskipun dalam pembangunan ibu kota mengedepankan prinsip modern.

Baca Juga: Jokowi Tugaskan Menteri LHK Buat Lokasi Pembibitan Terbesar di Ibu Kota Baru

"Kalau ibu kota negara akan memusnahkan hutan itu sama sekali enggak benar ya. Tapi pasti ada penghijauanya. Prinsipnya ibu kota baru ini lingkungannya harus disiapkan dulu juga," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Dalam prosesnya, ibu kota baru tidak akan memangkas kontur dari daerah lokasi pembangunan. Justru, ibu kota ini akan mengikuti kontur yang ada di sana.

Baca Juga: Masalah Ibu Kota Baru, Terbatasnya Suplai Air hingga Habitat Orangutan

"Nanti mekanisme engineeringnya dia juga bukan memangkas kontur tapi dia mengikuti kontur. Jadi kita sudah berikan rambu rambunnya yang penting dengan catatan bahwa kekuatan konsep lingkungannya itu harus dilakukan," jelasnya.

Selain itu, karena mengedepankan lingkungan di ibu kota baru, Presiden Jokowi memberikan arahan terbaru untuk membuat persemaian bibit yang permanen dan modern. Tidak tanggung-tanggung, Kepala Negara diminta untuk membuat persemaian bibit dengan produksi 15-17 juta.

Persemaian sendiri merupakan tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih (atau bahan lain dari tanaman) menjadi bibit atau semai yang siap ditanam di lapangan. Persemaian memiliki pengertian yang juga sama dengan kegiatan Pembibitan.

Kegiatan di persemaian merupakan kegiatan awal di lapangan dari kegiatan penanaman hutan karena itu sangat penting dan merupakan kunci pertama di dalam upaya mencapai keberhasilan penanaman hutan.

"Jadi saya diperintahkan untuk membuat persemaian bibit yang permanen modern dengan produksi 15-17 juta. Itu besar loh," jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini