nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wesel di Stasiun Jakarta Kota Sudah Beroperasi 50 Tahun

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 15:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 320 2167908 wesel-di-stasiun-jakarta-kota-sudah-beroperasi-50-tahun-EFAuqqraP4.jpeg KAI Mengganti Wesel di Stasiun Jakarta Kota. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengungkapkan sudah waktunya wesel di Stasiun Gambir dan di Jakarta Kota diganti. Pasalnya wesel di Stasiun Gambir sudah beroperasi sejak 1992, sedangkan di Jakarta Kota terakhir diganti pada 1970.

“Penggantian wesel baik di Stasiun Gambir maupun di Jakarta Kota dilatarbelakangi sejumlah hal. Sejak dioperasikan pertama kali unit wesel di emplasemen Gambir sekira 28 tahun dan Jakarta Kota kurang lebih 50 tahun belum pernah dilakukan penggantian,” tutur Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah, dalam keterangannya, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga: Apa Fungsi Wesel yang Sedang Diperbaiki di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota?

Maka dari itu, untuk menjamin keselamatan dan keamanan perjalanan KA, wesel yang selama ini dipakai sudah saatnya diganti, bahkan materialnya sudah tidak diproduksi lagi.

“Penggantian wesel di Stasiun Gambir juga bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas pergantian jalur pada saat KA melintas di stasiun tersebut, untuk saat ini kondisi eksisting pada jalur 3 dan 4 tidak dapat melintas ke jalur hilir atau arah Jakarta Kota. Nantinya dengan wesel baru maka ke empat jalur di Stasiun Gambir dapat dilalui KA untuk mengarah ke Jakarta Kota. Kondisi ini dapat menjadi solusi untuk mengurai antrian KA lintas Manggarai-Jakarta Kota,” ujarnya.

Baca Juga: Siap-Siap, Tiket Kereta Mudik Lebaran Bisa Dipesan saat Valentine

Terdapat dua wesel yang akan diganti di Stasiun Gambir, tepatnya Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda), dan 4 wesel di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1, dan Wesel 43B1/B2 yang akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris.

Selain meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan, penggantian wesel akan berdampak besar pada perjalanan KA. Revitalisasi wesel juga dapat menjadi alternatif solusi pada pengaturan perjalanan KA, apabila dalam kondisi tertentu terjadi kendala di jalur layang maka pelayanan perka dapat lebih terakomodir melalui fleksibilitas pergantian jalur menggunakan wesel baru.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini