3 Rusun Santri di Ponpes Kediri Diresmikan

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 470 2168981 3-rusun-santri-di-ponpes-kediri-diresmikan-U6ASDMZZt1.jpeg Rusunawa (Foto: Kementerian PUPR)

JAKARTA - Pemerintah resmikan tiga rumah susun (Rusun) untuk santri di Kediri, Jawa Timur. Ketiga Rusun tersebut antara lain Rusun Ponpes Hidayatullah Mubtadiin Lirboyo di Kota Kediri, Ponpes Al Anwar dan Al Falah Ploso, Jawa Timur.

Peresmian itu dihadiri oleh, Sekretaris Kabinet (Seskab) RI Pramono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid.

"Hari ini saya meresmikan sekaligus rusun di Ponpes Lirboyo, Ponpes Al Anwar dan Ponpes Al Falah Ploso yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR," ujar Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Pramono Anung Wibowo pada keterangan tertulisnya di Pondok Pesantren Hidayatullah Mubtadiin Lirboyo, Kediri, Sabtu (15/2/2020).

Baca Juga: Mulai 1 Agustus, 939 Pedagang Tempati Rusunawa Pasar Rumput

Dirinya berharap pola-pola pembangunan seperti ini ke depan bisa terus dilanjutkan. Apalagi berdasarkan laporan yang ada seperi dari Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo kebutuhan akan hunian bagi para santri di pondok pesantren sangat diperlukan.

"Kalau satu Rusun saja tentu tidak akan cukup. Untuk itu pemerintah pusat akan semaksimal mungkin untuk membantu karena bagaimana pun Indonesia akan menjadi lebih kuat kalau Ponpes sebagai tiang utama perkembangan penyebaran agama dan memperkuat keagamaan menjadi lebih besar dan kuat," ungkap dia.

Baca Juga: Akhirnya, Rusunawa Pasar Rumput Selesai Dibangun

Menurut dia, fasilitas pendukung pendidikan di Pondok Pesantren sebisa mungkin harus diperhatikan dengan baik. Hal itu untuk mendukung pendidikan di Ponpes tentunya pemerintah secara khusus akan terus memfasilitasi hal tersebut.

"Kita siap membantu Rusun di Ponpes karena dananya memang ada. Kalau dulu bangunan Rusun dan Pondoknya terpisah-pisah, sekarang dibangunkan sampe fasilitasnya lengkap dan jadi termasuk tamannya juga," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini