IMF Sampaikan Perkembangan Ekonomi Global pada Menko Luhut

Irene, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 20 2169260 imf-sampaikan-perkembangan-ekonomi-global-pada-menko-luhut-TENviw5z26.jpg Virus Korona Mewabah di China. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapat penjelasan langsung kondisi ekonomi dunia dari Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva. IMF mengungkapkan, virus corona adalah salah satu faktor penyebab IMF melakukan koreksi pertumbuhan ekonomi global.

Di mana, IMF memperkirakan ekonomi global hanya tumbuh 3,3%, lebih rendah bila dibandingkan proyeksi Oktober 2019 yang sebesar 3,4%.

Baca Juga: Virus Korona Diperkirakan Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Global 0,3%

“Kejadian yang terjadi di China menjadi salah satu faktor yang membuat IMF mengkoreksi pertumbuhan ekonomi globalnya," ujar Menko Luhut, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/2/2020).

Selain membahas virus corona, Menko Luhut mengatakan, Georgieva juga menyampaikan pandangannya terkait situasi global. "Ms. Georgieva juga menyampaikan pandangan-pandangannya tentang situasi global apa saja yang akan memengaruhi perekonomian,”tambah Luhut.

Baca Juga: The Fed: Virus Korona Ancam Prospek Ekonomi Global

Dalam kesempatannya, Luhut juga menyampaikan pendapatnya terkait dampak virus corona terhadap Indonesia. Virus yang baru dinamakan Covid-19 ini dinilainya memberi dampak signifikan pada sektor pariwisata Indonesia. Pertahunnya, Menko Luhut menjelaskan jumlah wisatawan asal Tiongkok yang datang ke Indonesia berjumlah sekitar dua juta wisatawan.

Menko Luhut juga menyampaikan dampak positif virus korona terhadap Indonesia. Dirinya berpendapat dari merebaknya virus korona, Indonesia dapat menampung wisatawan yang hendak bepergian ke negara tirai bambu tersebut.

“Tapi dampak baiknya, Indonesia bisa menampung wisatawan yang berencana melancong ke Cina. Tetapi yang kami, delegasi Indonesia dan IMF syukuri adalah hingga hari ini belum ditemukan kasus virus corona di dalam negeri," ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini