Dolar AS Anjlok atas Euro ke Level Terendahnya dalam 3 Tahun Terakhir

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 08:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 18 278 2170085 dolar-as-anjlok-atas-euro-ke-level-terendahnya-dalam-3-tahun-terakhir-EuhZNkoHYu.jpg Kurs Dolar AS. (Foto: Okezone.com)

LONDON - Kurs dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap Euro yang anjlok menyentuh level terendah dalam 3 tahun terakhir. Penyebabnya investor khawatir tentang melemahnya pertumbuhan di kawasan itu.

Euro anjlok lebih tinggi ke level USD1,0836 setelah sebelumnya jatuh ke USD1,0817 atau terlemah sejak pertengahan 2017. Euro kehilangan 2,3% terhadap dolar selama bulan ini.

Baca Juga: Euro Tertekan Virus Covid-19, Dolar AS Perkasa

Investor mencari indikator sentimen bisnis Jerman karena indeks pembelian manajer pada Jumat menunjukkan bukti lebih lanjut tentang keadaan ekonomi zona euro. Data pekan lalu menunjukkan secara khusus bahwa momentum ekonomi di Jerman sedang berjuang.

Baca Juga: Akhir Virus Korona Terjawab, Dolar AS Langsung Strong

"EUR/ USD tampaknya nyaman diperdagangkan di sekitar posisi terendah baru dan dalam beberapa hari ke depan kami berharap untuk melihat kelanjutan dalam tren turun baru-baru ini daripada rebound yang jelas," kata analis ING, dilansir dari Reuters, Selasa (18/2/2020).

Sementara itu, Yen tidak terpengaruh oleh data pertumbuhan ekonomi Jepang yang melemah. Yen diperdagangkan sedikit turun di 109,91 per dolar.

Ekonomi Jepang menyusut 1,6% dalam tiga bulan terakhir, penurunan terbesar dalam enam tahun, terkena kenaikan pajak penjualan.

Dengan pertumbuhan yang tersendat-sendat di zona euro dan Jepang, sebagian besar pelaku pasar memperkirakan ekonomi AS, akan tetap lebih kuat di antara negara-negara maju, meskipun angka penjualan ritel dan produksi industri pada hari Jumat mengecewakan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini