nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singapura Siapkan Rp55 Triliun untuk Selamatkan UKM Imbas Virus Korona

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 14:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 20 2170831 singapura-siapkan-rp55-triliun-untuk-selamatkan-ukm-imbas-virus-korona-eK2j29Pzfn.jpg Dolar Singapura (Reuters)

JAKARTA - Pemerintah Singapura menyatakan telah menyisihkan 5,6 miliar dolar Singapura atau USD4,02 miliar setara Rp55 triliun (Rp13.714 per USD). Hal ini untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) di negara tersebut bertahan dari wabah Virus Corona atau Covid-19.

Seperti diketahui, Singapura menjadi salah satu jumlah terbesar di Negara Asia Tenggara yang terinfeksi virus Corona. Pada Senin siang, Singapura telah memiliki 77 kasus yang dikonfirmasi, 24 di antaranya telah diberhentikan.

 Baca juga: Ekonomi Singapura 'Terinfeksi' Virus Korona, Ini yang Harus Dilakukan

"Wabah pasti akan berdampak pada perekonomian kita," kata wakil perdana menteri sekaligus menteri keuangan Singapura Heng Swee Keat dalam pidatonya yang menguraikan anggaran negara mengutip CNBC, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Langkah-langkah ekonomi yang diumumkan Heng mencakup skema untuk membantu perusahaan mempertahankan pekerja, mengelola tagihan upah mereka dan potongan pajak perusahaan. Akan ada langkah-langkah khusus untuk membantu lima sektor yang paling rentan terhadap wabah virus, yaitu pariwisata, penerbangan, ritel, makanan dan layanan transportasi point-to-point.

 Baca juga: DBS Pangkas Proyeksi Ekonomi Singapura 0,9%, Ini Kata Sri Mulyani

Menteri juga mengumumkan 800 juta dolar Singapura lagi untuk mendukung perang melawan virus. Di mana, sebagian besar dana masuk ke kementerian kesehatan.

Selain itu, Heng mengatakan kenaikan pajak barang dan jasa yang direncanakan akan didorong kembali mengingat tantangan yang lebih besar yang dihadapi perekonomian. Pemerintah Singapura ingin menaikkan GST dari 7% saat ini menjadi 9% antara 2021 dan 2025.

Langkah-langkah itu akan berkontribusi pada defisit anggaran yang diharapkan sebesar 10,9 miliar dolar Singapura, sekitar 2,1% dari PDB, pada tahun keuangan mendatang dari April 2020 hingga Maret 2021.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini