nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Budi Karya Targetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2021

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 16:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 21 320 2172177 budi-karya-targetkan-kereta-cepat-jakarta-bandung-beroperasi-2021-5eJlnSYS68.jpg Kereta Cepat (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus berjalan sesuai dengan rencana. Targetnya pada tahun 2021 kereta cepat tersebut bisa beroperasi.

"Kami fokus mengerjakan konstruksi, targetnya tetap beroperasi 2021," ujarnya di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

 Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, 460 Titik Sutet hingga Sungai Direlokasi

Budi Karya meyakini, target pengoperasian kereta cepat tersebut bisa di percepat. Menurutnya, kontraktor akan terus di dorong untuk fokus mengerjakan konstruksi.

Dia meyakini tak ada kendala dalam proses pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Pembebasan lahan pun sudah hampir rampung, hanya tinggal satu bidang lahan yang masih dalam proses.

"Tidak ada masalah justru ini kalau bisa kita ingin lebih cepat," katanya.

 Baca juga: Virus Korona Hambat Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Meski demikian, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengakui, wabah virus korona yang terjadi di China berimbas pada pembangunan kontruksi kereta cepat. Lantaran, sekitar 300 pekerja asal China yang terlibat dalam proyek itu tak bisa datang ke Indonesia.

Mereka kembali ke negara asalnya untuk memperingati Imlek, hingga akhirnya tak bisa datang ke Indonesia lantaran penerbangan dari dan ke China dilarang oleh pemerintah pada saat ini. Semua pekerja itu berada di level manajer hingga konsultan.

 Baca juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi 2021, KCIC Butuh 2.400 Pekerja Baru

"Ini pengaruh korona, banyak tenaga yang pulang, ternyata level enggak hanya bawah, tapi juga diatasnya, manajemennya. keputusan kan harus cepat," ujarnya.

Sekedar informasi, kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang 143 kilometer (km) dengan kecepatan 350 km per jam. Kereta cepat ini akan mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi sekira 40 menit.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini