Ini Tips Rumah Lama Agar Tidak Terlihat Suram

Irene, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 14:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 22 470 2172492 ini-tips-rumah-lama-agar-tidak-terlihat-suram-9ClnUrxW6q.jpg Dekorasi Rumah (Idealhome)

JAKARTA - Bangunan lama pastinya akan terlihat suram bila tidak diberi sentuhan warna yang baik. Oleh sebab itu, bangunan lama yang suram bisa diberikan tampilan dengan wajah baru melalui sentuhan warna-warna baru.

Inilah fungsi utama sebuah warna. Di mana, fungsinya adalah mengubah suasana ruang, baik berupa hunan, perkantoran, gedung sekolah, ataupun bangunan umum lainnya.

 Baca juga: Pencahayaan Alami Rumah Menghadap Timur Paling Baik

Mengutip buku 'A-Z warna interior: Rumah Tinggal' oleh Wirania Swasty, Jakarta, Minggu (23/2/2020), seorang Desainer interior, Diar Risdiana SDs mengatakan bahwa cara yang paling cepat dan efektif dalam mengubah suasana ruang adalah dengan mengecat dinding interiornya. Meskipun hanya mengubah tampilan warna dinding interior dengan sekejap suasana ruang berubah.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cara terscepat untuk menciptakan kesan tertentu adalah dengan menghadirkan warna dalam ruang. Tak perlu mahal-mahal mengganti keramik lantai atau membeli sofa baru.

 Baca juga: Tipe-Tipe Rumah Mungil, Perencanaan Bikin Mudah Ditata

Sentuhan warna yang berbeda pada ruangan ternyata mampu memberikan suasana baru.

Adapun tips memilih warna untuk mengubah suasana ruangan adalah:

1. Tentukan tema warna yang akan mendominasi interior bangunan.

 Baca juga: Cara Memaksimalkan Pencahayaan di Dalam Rumah Kamu

2. Pilih Komposisi warna yang mendukung gaya bangunan. Rumah bergaya etnik sebaiknya menggunakan komposisi warna tanah. Sementara warna-warna netral dipilih untuk rumah bergaya minimalis.

3. Aplikasi warna dapat ditampilkan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mewarnai salah satu bidang dinding. Suasana ruang pun akan terlihat berbeda dari sebelumnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini