nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PNS Terdampak Banjir Bisa Ajukan Cuti hingga 1 Bulan dengan Gaji Penuh

Irene, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 21:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 25 320 2174100 pns-terdampak-banjir-bisa-ajukan-cuti-hingga-1-bulan-dengan-gaji-penuh-cZYW20oiU2.jpg Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terkena dampak banjir dapat mengajukan cuti hingga maksimal 1 bulan. Hal ini tertuang dalam Peraturan BKN Nomor 24 Tahun 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono menjelaskan, cuti karena banjir masuk dalam ketegori cuti alasan penting dan memang diatur di dalam peraturan tertulis.

Baca Juga: Kapan Skema Pensiun Baru Berlaku? Kepala BKN: Tunggu PP Keluar

"Itu namanya cuti alasan penting, itu memang diatur di Peraturan Kepala BKN Nomor 24 Tahun 2017," ujar Paryono saat dihubungi Okezone, Selasa (25/2/2020)

Cuti tersebut pun diberikan dengan waktu maksimal satu bulan. Hanya saja, PNS harus memberikan keterangan minimal dari RT juga harus dilampirkan.

Baca Juga: Fakta Bingungnya Sri Mulyani soal Pemda Tidak Bayar Pensiun Pegawai

"Tapi maksimal itu aturannya kan satu bulan dengan melampirkan keterangan dari minimal RT setempat," jelas Paryono.

Sementara itu, Paryono mengatakan, PNS yang mengajukan cuti karena banjir tetap akan menerima penghasilan selama satu bulan. Hal ini sesuai juga dalam peraturan yang menyebut, selama menggunakan hak atas cuti karena alasan penting.

"Gajinya tetep. kecuali cuti di luar tahunan negara, itu tidak dapat," katanya.

"Penghasilan sebagaimana dimaksud pada angka 14, terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan sampai dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah yang mengatur gaji, tunjangan, dan fasilitas PNS," tertulis pada poin E No. 15.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini