nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erick Thohir ke Swasta: BUMN Jangan Diakali

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 20:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 26 320 2174659 erick-thohir-ke-swasta-bumn-jangan-diakali-7Quii4TQQS.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempersilahkan perusahaan swasta menjalin kerjasama dengan perusahaan negara. Hal ini sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya bagi perusahaan swasta untuk menjalin kerjasama. Hanya saja, pihak swasta tidak membebani perusahaan BUMN.

Baca Juga: Tegas! Erick Thohir: BUMN Bukan Badan Usaha Milik Nenek Lu

“Silahkan berpartner dengan BUMN, tapi dengan yang baik. Jangan BUMN diakali, karena banyak juga temen-temen swasta yang mengakali (BUMN),” ujarnya saat ditemui di Hotel Ritz Carlton SCBD, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Erick Thohir berharap proses kerjasama dilakukan dengan cara yang benar dengan aturan yang berlaku. Jangan ada proses yang memanfaatkan orang dalam di BUMN.

Baca Juga: Erick Thohir Buka-bukaan soal Perekrutan Putra Papua di BUMN

Jika diketahui ada BUMN yang demikian, Erick pun akan memberikan proyek kepada swasta. Sebab, jika menggunakan cara kotor, negara bisa kehilangan uang Rp467 triliun.

“Jangan sampai taruh orang di dalam sekedar menggerogoti BUMN, kalau ada apa-apa dengan BUMN-nya rakyat akan kehilangan Rp467 triliun setahun. Apakah itu bebannya mau dikembalikan ke swasta? Kan tidak,” kata Erick.

Selain membuka kerjasama dengan swasta, Erick mengaku akan menerima kritik dan saran dari swasta mengenai kinerja perusahaan plat merah. Namun, kritik yang dilontarkan harus membangun dan tidak boleh asal-asalan

“Keluhan swasta juga saya dengarkan, tapi musti win-win juga, jangan BUMN di advantage, berpartner yang baik agar hasilnya baik, toh sama-sama kepentingannya hanya satu, dividennya baik,” kata Erick

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini