nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saran Warren Buffet untuk Bill Gates Agar Sukses di Pasar Saham

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 21:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 28 278 2175790 saran-warren-buffet-untuk-bill-gates-agar-sukses-di-pasar-saham-K01yB0mVSH.jpg Warren Buffett (Reuters)

JAKARTA – CEO Berkshire Hathaway Warren Buffet sering memberikan saran yang menginspirasi. Salah satu yang sering diberikan saran adalah pasangan miliarder ternama di dunia, Bill dan Melinda Gates.

“Swing for the fences” adalah saran yang diberikan Buffet kepada Gates. Arti dari saran itu ialah mendapatkan berani mengambil risiko di pasar saham demi keuntungan yang tinggi.

 Baca juga: Tak Peduli Virus Korona, Warren Buffett Tetap Investasi

“Yayasan seperti kami memiliki kebebasan pada ide-ide yang mungkin tidak dapat diterima semua orang, beberapa di antaranya bahkan mengarah pada terobosan baru," tulis Gates dalam surat tahunan yang dia tulis untuk yayasan, seperti dikutip CNBC, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Menurut Bill Gates, Buffet adalah teman baik yang sudah sering memberikan nasihat yang bagus. Ketika Buffet menyumbangkan sebagian besar kekayaannya ke yayasan, dia menyarankan untuk dilakukan “swing for the fences”.

 Baca juga: Warren Buffett-Bill Gates Bahas Dampak Virus Korona

"Itu ungkapan yang digunakan oleh sebagian orang Amerika yang berasal dari baseball," tulis Gates.

"Ketika kamu mengayunkan tongkat baseball, kamu mengerahkan setiap kekuatan untuk memukul bola sejauh mungkin. Jika kamu berhasil memukulnya sekuat tenaga, kamu akan mendapatkan hadiahnya,” cetus dia.

Sebelumnya, Gates telah memulai yayasan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat (AS) pada tahun 2000. Kemudaian Gates telah memberikan sekitar USD50,1 miliar atau Rp685 triliun (kurs Rp13.685/USD) hingga tahun 2018 untuk membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesehatan di negara-negara miskin dan untuk meningkatkan pendidikan di Amerika Serikat.

Yayasan Gates juga telah menyumbangkan USD100 juta atau Rp1,36 triliun untuk bantuan penyebaran wabah virus korona.

 Baca juga: Warren Buffett Singgung Kematiannya dalam Surat Tahunan Berkshire Hathaway

Ke depannya, Gates Foundation akan fokus pada bantuan untuk perubahan iklim dan kesetaraan gender. Saat mempertimbangkan tujuan masa depan, Bill Gates juga akan memperhatikan saran dari Warren Buffet.

Sebagai informasi, Buffett menghadiahkan 10 juta saham saham Berkshire Hathaway ke Gates Foundation pada Juni 2006. Pada saat itu, sahamnya bernilai sekitar USD31 miliar atau Rp424 triliun.

Bill Gates dan Warren Buffet juga menciptakan The Giving Pledge pada 2010, yang mengundang para miliarder untuk berkomitmen memberikan setidaknya 50% dari kekayaan mereka untuk amal. Pada 2020, sebanyak 206 miliarder telah menandatangani The Giving Pledge.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini