Menteri BUMN: Akhlak Penting tapi Tidak hanya Slogan Saja

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 320 2177931 menteri-bumn-akhlak-penting-tapi-tidak-hanya-slogan-saja-FaxHqkCbNb.jpg Menteri BUMN Erick Thohir Lantik 2 Pejabat Baru di Kementerian BUMN. (Foto: Okezone.com/Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melantik dua pejabat pimpinan tinggi madya atau setingkat eselon I) di lingkungan Kementerian BUMN. Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2019 tentang struktur baru Kementerian BUMN.

Dua nama yang dilantik, Alex Denni sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Kementerian BUMN dan Warih Sadono sebagai Staf Ahli bidang Implementasi Kebijakan Strategis, Kementerian BUMN.

Baca Juga: Erick Thohir Minta BUMN Farmasi Sediakan Masker dan Antiseptik dengan Harga Terjangkau

Erick menyebut dua pejabat yangmengisi struktur tersebut dilantik setelah diseleksi melalui mekanisme seleksi terbuka yang memiliki sejumlah persyaratan teknis dan kompetensi sebagaimana dipersyaratkan oleh ketentuan Kementerian PAN-RB dan standar kompetensi yang diberlakukan di Kementerian BUMN.

“Pentingnya peran deputi di Kementerian BUMN. Keberadaan deputi akan membantu dua wakil menteri (wamen) BUMN dalam mendorong kinerja BUMN lebih baik,” tuturnya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3/2020).

Baca Juga: Erick Thohir Imbau Bos BUMN Waspada Virus Korona di Lingkungan Kerja

Erick menjelaskan, perampingan struktur deputi dari tujuh deputi pada era sebelumnya menjadi hanya tiga deputi tidak menjadi persoalan lantaran adanya perubahan dalam sistem kerja deputi.

Di mana sebelumnya, peran deputi hanya fokus dalam mengawal rencana bisnis semata, namun tidak mendalam. Hal ini yang Erick ubah dengan memberikan tugas kepada tiga deputi untuk lebih mendalami rencana kerja BUMN.

Erick menilai pentingnya peranan deputi SDM. Untuk itu dirinya menugaskan Deputi SDM Alex Denni untuk mendorong peningkatan kualitas SDM atau talenta yang ada di BUMN.

Erick menyebut pengembangan talenta termasuk dalam salah satu poin dalam lima prioritas BUMN hingga 2024. Erick menekankan pentingnya akhlak bagi para SDM di BUMN dalam upaya menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.

"Akhlak penting, tapi tidak hanya menjadi slogan saja, melainkan pembangunan talentanya juga harus digalakkan," kata Erick.

Erick kembali menegaskan tiga kriteria yang harus dipegang teguh para Pejabat Eselon I Kementerian BUMN dalam menjalankan tugasnya, yakni akhlak, loyalitas terutama kepada negara, dan kerja sama tim.

"Sebagai pejabat publik, akhlak adalah yang pertama karena orang-orang dengan akhlak yang baik berarti memiliki integritas tinggi dan komitmen yang kuat dalam menjalankan tugasnya," ucap Erick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini