Stok Beras Bulog 1,6 Juta Ton, Masyarakat Diimbau Tidak Panik

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 320 2178061 stok-beras-bulog-1-6-juta-ton-masyarakat-diimbau-tidak-panik-8hlQda1ith.jpg Menteri BUMN Erick Thohir Tinjau Pasokan Pangan di Gudang Bulog. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Masyarakat khawatir usai Indonesia positif korona, dengan melakukan pembelian kebutuhan pangan secara berlebihan (panic buying) karena dikhawatirkan stok tidak mencukupi ke depannya. Hal ini terjadi di pusat-pusat perbelanjaan beberapa waktu.

Perum Bulog pun memastikan ketersedian stok pangan saat ini aman. Stok beras Bulog mencapai 1,6 juta ton yang tersimpan di 1.647 unit gudang-gudang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Stok Beras Dipastikan Aman, Erick Thohir: Panik Berlebihan Tidak Menjawab Persoalan

Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya sehingga pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras yang menjadi tanggung jawab Bulog untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.

Baca Juga: Bulog Tunda Ekspor Beras ke Arab Saudi, Kenapa?

“Tidak ada masalah, Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. Bulog akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian beras tersebut,” kata Budi Waseso, di Komplek Pergudangan Bulog di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Bulog sendiri memastikan seluruh jaringan yang bekerjasama dengan Perum Bulog sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara online melalui e-commerce Bulog yang bisa digunakan di 7 kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Medan dan Makassar maupun secara offline, juga outlet-outlet milik Perum Bulog seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern yang ada.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini