IMF Siapkan Rp700 Triliun untuk Tangkal Virus Korona

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 20 2178495 imf-siapkan-rp700-triliun-untuk-tangkal-virus-korona-uNQo7VJKxe.jpg IMF (Reuters)

JAKARTA - Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva menyatakan pihaknya menyiapkan dana sebesar USD50 miliar atau Rp700 triliun (kurs Rp14.000 per USD) untuk melawan virus korona.

Georgieva mengatakan jika dana tersebut akan siap secepatnya. Uang tersebut diperuntukan khusus negara dengan pendapatan rendah dan emerging market atau negara berkembang.

 Baca juga: Ekonomi Dunia 2020 Tertekan Virus Korona, Bos IMF: Kita Akan Berjuang Melawan

Mayoritas penggunaan dari dana tersebut akan bebas bunga. Selain itu, di luar kebiasaan, negara peminjam juga tidak perlu memiliki program di mana IMF terlibat di dalamnya.

"Apa yang kami lakukan sekarang ini adalah mereviu negara-negara yang membutuhkan bantuan finansial. Lalu kami akan menjalin hubungan dengan negara-negara tersebut, memastikan jika mereka aware dengan dana tersebut dan bisa merespons secepatnya," jelas dia, dikutip dari CNBC, Kamis (5/3/2020).

 Baca juga: Virus Korona Tekan Pertumbuhan Ekonomi Global, Begini Penjelasan OECD

"Kami memang baru memasuki tahap awal, tapi saya meyakinkan Anda jika kami akan segera bertindak secepatnya jika ada permintaan (bantuan dana)," jelas dia.

IMF, lanjut dia, ingin melihat dana terseut digunakan untuk mendukung sistem kesehatan dan untuk program stimulus fiskal untuk membantu ketersediaan likuiditas.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini