Share

Spesifikasi Bandara Kediri, Luas 400 Hektare dengan Kapasitas 1,5 Juta Penumpang

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 320 2181168 spesifikasi-bandara-kediri-luas-400-hektare-dengan-kapasitas-1-5-juta-penumpang-ja4GPhAq6c.jpg Ilustrasi Bandara. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Jawa Timur akan memiliki satu bandara baru yang akan dibangun di Kediri. Bandara tersebut akan menjadi alternatif masyarakat yang akan pergi dari dan menuju Surabaya.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pembangunan bandara di Kediri ini sangat potensial karena dapat menjadi alternatif penerbangan setelah Bandara Juanda di Jawa Timur. Maka dari itu, pada tahap awal, Bandara Dhoho Kediri direncanakan akan dibangun seluas 13.558 meter persegi dari luas total lahan bandara hampir 400 hektare (ha) dengan dimensi runway 2.400 meter x 45 meter untuk kapasitas 1,5 Juta penumpang per tahun.

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Siap Dibangun, Gerbang Alternatif ke Jawa Timur

"Kami optimis melalui langkah pengusahaan ini akan semakin memperkuat portofolio Angkasa Pura I sebagai perusahaan pengelola bandara kelas dunia serta ikut mewujudkan konektivitas udara khususnya di Jawa Timur," ujar Faik Fahmi, dalam keterangannya, Selasa (10/3/2020).

Bandara Kediri direncanakan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menjadi gerbang alternatif menuju Jawa Timur selain Bandara Juanda Surabaya. Di tahun 2019, tercatat Bandara Juanda telah melayani lebih dari 16,6 juta penumpang dengan trafik pesawat mencapai 129 ribu pergerakan pesawat dan kargo mencapai 88,4 juta kilogram.

Baca Juga: Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Ditargetkan Selesai Secepatnya

Pembangunan Bandara di Kediri ini sangat potensial karena dapat menjadi alternatif penerbangan setelah Bandara Juanda di Jawa Timur. Dapat menjadi gerbang kedua di wilayah Jawa Timur, terutama dapat membuka area ke wilayah Tulung Agung, Blitar, Ponorogo, Trenggalek, Madiun, Magetan dan lain lain.

Bandara Dhoho di Kediri ini rencananya akan dibangun di Desa Grogol, Kecamatan Grogol dan Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Jarak Desa Grogol ke Pusat Kota Kediri sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sementara jarak dari Bandara Juanda Sidoarjo sekitar 120 km dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam perjalanan via jalan tol. Sedangkan jarak dari Bandara Abdurahman Saleh Malang sekitar 87 km dengan waktu tempuh perjalanan darat 3 hingga 4 jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini