nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Pemerintah Hadapi Virus Korona seperti Asian Games

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 15:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 11 320 2181638 cara-pemerintah-hadapi-virus-korona-seperti-asian-games-lZbdGSNjmg.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut penanganan virus Korona di Indonesia akan dilakukan dengan sebaik mungkin. Koordinasi antar instansi Kementerian juga akan terus dipererat untuk mengantisipasi dampak lebih besar dari virus korona.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, penanganan dan pencegahan wabah virus Korona akan dilakukan seperti saat penyelenggaraan event olahraga terbesar se-Asia yakni Asian Games. Artinya seluruh kebijakan diarahkan menuju kesana.

"Saya rasa kita sudah rapat di Kementerian BUMN mengenai Virus Korona dari 2-3 Minggu lalu. Intinya kami dari Kementerian BUMN dan seluruh rekan kerja, Menteri Kesehatan, TNI, Polri, Kementerian Perhubungan kita coba sinkronisasi. Dulu waktu Asian Games juga kita ini yang kita lakukan," ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (11/3/2020).

Baca Juga: Tenang, Erick Thohir Sebut BUMN Bakal Produksi 6 Juta Masker

Menurut Erick, pemerintah akan tetap menjaga agar situasi tetap kondusif. Namun bukan berarti pengawasan yang dilakukan pemerintah juga mengendur.

"Jadi kalau sampai flow penumpang kita jaga kesehatannya enggak mau buat panik. Tapi kalau ada indikasi kita bantu karena itu flow masuk bahkan kedatangan kita coba minimize risiko yang ada alat besar kecil therma scanner," jelasnya.

Secara pengalaman, sebenarnya pemerintah sudah cukup berpengalaman untuk mendeteksi turis atau penumpang yang sedang dalam kondisi tidak fit. Misalnya saja pada saat pelaksanaan haji dan juga umroh.

Baca Juga: Tak Pakai Masker saat Cek Bandara Soetta, Erick Thohir: Itu untuk Orang Sakit

"Karantina juga ready, umroh haji sudah sering tinggal kalau virus Korona gimana dan sudah da alatnya juga," jelasnya.

Oleh karena itu lanjut Erick, dirinya juga beberapa kali melakukan peninjauan langsung ke Bandara-bandara. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan dan upaya pencegahan yang dilakukan di lapangan.

"Bukan kita enggak percaya tapi harus siap dan pastikan layanan ke rakyat maksimal mungkin dan jaga enggak menyebar dan kita minimalisasi," ucapnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini