Share

Antisipasi Virus Korona, Pemerintah Terbitkan 37 Rekomendasi Impor Pangan

Giri Hartomo, Okezone · Jum'at 13 Maret 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 320 2182784 antisipasi-virus-korona-pemerintah-terbitkan-37-rekomendasi-impor-pangan-VASPTZTeOV.jpg Bawang Putih (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menerbitkan 37 Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk menjaga pasokan pangan. Hal tersebut masuk dalam stimulus pangan untuk antisipasi dampak Virus Korona atau Covid-19 ke perekonomian.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, salah satunya adalah rekomendasi impor bawang putih sebanyak 196,5 ribu ton. Di mana sebanyak 34,8 ribu ton sudah terbit izin impornya dari Kementerian Perdagangan.

 Baca juga: Harga Pangan di Awal Maret, Beras dan Telur Naik

“Pemerintah juga terus mencarikan negara produsen bawang putih selain Tiongkok, di antaranya adalah India, Mesir, Bangladesh, dan beberapa negara lain,” ujarnya, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Dirinya mengatakan, pemenuhan pangan sebagian besar dipasok dari produksi dalam negeri. Hanya saja, komoditas bawang putih, daging sapi/kerbau, dan gula pasir yang pemenuhannya sebagian masih melalui impor.

 Baca juga: Antisipasi Dampak Virus Korona, Pemerintah Jamin Ketersediaan Pangan Utama

“Bagi beberapa komoditas yang pemenuhannya masih melalui impor terdampak COVID-19 secara global, langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan mempercepat proses penerbitan rekomendasi impor,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini