Ada Covid 19, Kepala BKPM Sebut Izin Impor Alat Kesehatan Melonjak Tinggi

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 320 2187620 ada-covid-19-kepala-bkpm-sebut-izin-impor-alat-kesehatan-melonjak-tinggi-BEH7go2WdS.jpg Ilustrasi Obat (Reuters)

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan pihaknya akan turut serta menanggulangi penyebaran virus corona (covid-19) di Indonesia. Salah satunya memberikan percepatan perizinan bagi perusahaan penyedia peralatan kesehatan (alkes).

"Izin impor alkes mengalami peningkatan selama Februari hingga Maret. Jadi ketika masuk wabah virus corona, pengeluaran izin untuk Kemenkes itu yang tadinya ada di urutan nomor lima, sekarang dia merangkak naik di urutan nomor dua," ujar dia pada telekonfrensi di kantornya Jakarta, Senin (23/3/2020).

 Baca juga: Langka, Presiden Jokowi Sebut 180 Negara Berebutan Masker hingga Sanitizer

Menurut dia sertifikat distribusi penyalur kesehatan ada 1.255 izin. Kemudian izin sertifikat cara distribusi alkes yang baik ada 935. Dirinya memastikan akan mempermudah penerbitan izin impor dan izin edar alat-alat kesehatan, yang saat ini sangat dibutuhkan oleh Kemenkes dan para tenaga kesehatan di lapangan.

"Sebelum virus corona merebak, yang paling banyak mengeluarkan izin itu adalah untuk sektor perdagangan," ungkap dia.

 Baca juga: Presiden Jokowi: Ekspor Masker dan Alat Kesehatan Lebih Baik Disetop Dulu

Pihaknya juga akan terus berusaha memberikan layanan prima semacam itu di masa pandemi virus corona seperti saat ini. Pasalnya berbagai alat kesehatan terkait dengan penanganan wabah virus corona yang dibutuhkan oleh para tenaga kesehatan saat ini, merupakan hal yang prosesnya harus dipermudah dan dipercepat.

"Dengan adanya virus corona ini, maka kami (BKPM), memperlancar proses perizinan terkait dengan izin edar dan impor terhadap alat kesehatan, ataupun kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan penanganan virus corona tersebut," tandas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini