nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saran Rhenald Kasali Hadapi Covid-19, Kuncinya Kreatif dan Inovatif

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 16:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 25 320 2188851 saran-rhenald-kasali-hadapi-covid-19-kucinya-kreatif-dan-inovatif-LX2hnOqkiW.jpg Penyemprotan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali mengatakan, di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19 saat ini, pasti ada peluang atau kesempatan (opportunity) bagi pelaku usaha mengembangkan bisnisnya.

Maka dari itu, di saat-saat penuh tantangan seperti ini, kuncinya adalah optimisme, kreativitas, inovasi.

"Wabah SARS di Tiongkok pada 2003 lalu menjadi momentum pertumbuhan toko onlin Wabah SARS di Tiongkok pada 2003 lalu menjadi momentum pertumbuhan toko online e. Taobao milik Alibaba yang kini mendunia," sebutnya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/3/2020).

Cegah Penyebaran Virus Korona, PT KCI Semprot Disinfektan

Di Indonesia, menurut Rhenald, ekspansi Susi Air juga bergerak cepat usai bencana tsunami Aceh pada akhir 2004. Ketika itu, pesawat Susi Air menjadi armada udara pertama yang berhasil masuk membawa bantuan ke Aceh.

Sebelum tsunami Aceh, Susi Air hanya menggunakan armada pesawat untuk transportasi hasil laut seperti ikan dan lobster.

Namun, kejadian tsunami membuat Susi Pudjiastuti menyadari betapa tingginya kebutuhan angkutan udara penumpang di wilayah terpencil. Sejak itulah, Susi Air menjadi spesialis maskapai perintis.

"Artinya, jika melihat dengan jernih, selalu ada peluang di balik musibah," ucap Rhenald.

Kejernihan berpikir itulah yang juga menjadi perhatian Rhenald. "Saya ingin masyarakat dan pelaku usaha mendapat pegangan agar tetap bisa berpikir jernih di saat seperti ini," terangnya.

Situasi ini juga sekaligus menjadi saat tepat bagi masyarakat untuk belajar tentang pemanfaatan teknologi di tengah himbauan social distancing. Kegiatan bekerja dari rumah maupun belajar dari rumah mendorong pemanfaatan teknologi online meeting secara pesat.

"Orang tua, anak-anak, maupun pekerja bisa belajar menggunakan teknologi secara produktif," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini