nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siap-Siap, Ini Dampak 'Libur' Bayar Cicilan Kredit Motor

Kamis 26 Maret 2020 13:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 320 2189257 siap-siap-ini-dampak-libur-bayar-cicilan-kredit-motor-d5MF7YTHeU.jpg Ojol (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat ekonomi David Sumual mengkhawatirkan kebijakan penangguhan cicilan utang dapat menjadi risiko moral yang menyebabkan makin banyak nasabah berutang, kemudian enggan membayar.

"Ini akan moral hazard sekali, jadi buat ke depannya nanti orang akan gila berutang, terus tak mau bayar semua. Nah itu bahaya sekali untuk ke depannya," katanya seperti dikutip BBC Indonesia, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Menurut David, sebaiknya pemerintah lebih agresif untuk memberikan stimulus dari sisi fiskal sebagai upaya mempertahankan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi virus corona.

"Karena khawatirnya, nanti malah kesehatan perbankannya yang terpengaruh, kita sudah mengalami masalah tahun 1997 itu parah sekali. Karena bank itu kan jantung ekonominya, karena kalau likuiditas terganggu, credit asset quality-nya bermasalah, itu parah sekali nanti terjadi pengaruhnya ke ekonomi," lanjutnya.

David juga berharap pemerintah mengkaji kembali kebijakan ini. "Jadi harus dilihat betul itu, kebijakan itu harus dilihat secara keseluruhan, karena kalau sudah kena bank itu saya khawatir saja," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku mendengar keluhan sektor UMKM, termasuk pengemudi ojek dan taksi online di tengah persoalan ekonomi akibat pandemi virus corona.

Dari sisi fiskal, pemerintah mempercepat bantuan langsung tunai berupa Kartu Sembako, Kartu Prakerja dan pembayaran pajak penghasilan PPh Pasal 21 sebagai langkah stabilitas ekonomi di tengah pandemi virus corona.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini