Bandara YIA Beroperasi Penuh, Bos AP I: Penting untuk Social Distancing

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 28 320 2190415 bandara-yia-beroperasi-penuh-bos-ap-i-penting-untuk-social-distancing-9Xxa6TGtjh.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) beroperasi secara penuh pada esok hari di tengah situasi penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Besok, Bandara Baru Yogyakarta Beroperasi Penuh

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pengoperasian ini sangat penting untuk sesegara mungkin memindahkan penerbangan dari Bandara Adistujipto menuju NYIA. Apalagi pemerintah tengah fokus dalam pencegahan penularan virus corona lewat social distancing atau menjaga jarak.

"Ini menjadi penting dengan sistuasi yang kita hadapi sekarang di tengah virus corona," ujarnya dalam telekonferensi, Sabtu (28/3/2020).

Baca Juga: Beroperasi Akhir Maret, Ini Fakta Bandara Internasional Yogyakarta

Menurut Faik Fahmi, dengan kondisi dan kapasitas yang ada di Bandara Adistujipto sangat sulit untuk menerapkan social distancing. Mengingat antara kapasitas bandara dan jumlah penumpang tidak berjalan seimbang.

Adapun kapasitas Bandara Adistujipto adalah 1,8 juta penumpang per tahun. Sementara jumlah penumpang yang dilayani mencapai 8,4 juta penumpang per tahunnya.

"Kondisi yang kita hadapi agak sulit untuk menerapkan social distancing di Adisucipto karena keterbatasan kapasitas. Oleh karena itu ada NYIA supaya tidak terjadi penumpukan penumpang," jelasnya.

Oleh karena itu lanjut Faik Fahmi dengan pemindahan bandara ini bisa mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona lewat social distancing. Apalagi, kapasitas dari bandara Kulonprogo ini lebih dari jumlah penumpang yang dilayani di Adisutjipto.

"Sehingga dengan kepindahan dari Adisutjipto ke NYIA itu bagian kita memitigasi risiko penyebaran virus. Karena NYIA ini mampu menampung 20 juta penumpang per tahun," kata Faik Fahmi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini