nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPTJ Pertegas Surat Edaran Pembatasan Transportasi untuk Stakeholder Antisipasi Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 05 April 2020 17:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 05 320 2194484 bptj-pertegas-surat-edaran-pembatasan-transportasi-untuk-stakeholder-antisipasi-covid-19-FqKcGr7Agx.jpg Trans Jakarta (Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana B Pramesti menyebut surat edaran (SE), rekomendasi pembatasan menyeluruh terhadap operasional sarana transportasi di ruas jalan tol dan jalan arteri nasional itu, ditunjukkan kepada seluruh stakeholder, agar dapat mengantisipasi kira-kira apa yang bisa dikerjakan.

"Kami membuat SE itu agar seluruh stakeholder dapat mengantisipasi virus corona atau Covid-19, yang kira-kira apa yang bisa dikerjakan. Tapi mungkin salahnya banyak yang membacanya tidak secara keseluruhan sehingga membuat heboh," ujar Polana pada telekonfrensi, Minggu (5/4/2020).

 Baca juga: Kepala BPJT: Surat Edaran Pembatasan Transportasi untuk Rekomendasi Covid-19

Dia menjelaskan pihaknya mengeluarkan SE itu sudah berdasarkan persetujuan Plt Menteri Perhubungan dengan tujuan merekomendasi agar stakeholder bisa mulai membuat rencana.

"Memang di dalam PP 21 seharusnya nanti ada Peraturan Menteri Kesehatan yang lebih merinci terutama pembatasan apa saja yang diatur oleh Permenkes," ungkap dia.

 Baca juga: Target Pasar Acara Hiburan Terimbas karena Covid-19

Dia menambahkan di dalam PP 21 Tahun 2020 terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ada pembatasan transportasi. Maka itu dalam SE ada bunyinya pembatasan moda transportasi.

"Itu sebenarnya antisipasi dulu lah sebelum peraturan lebih tinggi bisa berlaku," tandas dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana B Pramesti memberikan penjelasan terkait surat edaran SE.5 BPTJ Tahun 2020. Di mana mengenai rekomendasi pembatasan secara parsial atau menyeluruh terhadap operasional sarana transportasi di ruas jalan tol dan jalan arteri nasional.

Menurut dia, surat edaran itu salah satu upaya untuk memutus rantai penularan dan mengurangi pergerakan virus corona atau Covid-19. Sebab Covid-19 ini tidak bergerak. Namun bergerak melalui transportasi.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini