Belum Anggarkan Dana Covid-19, Presiden Minta Mendagri dan Menkeu Tegur Pemda

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 20 2198853 belum-anggarkan-dana-covid-19-presiden-minta-mendagri-dan-menkeu-tegur-pemda-p5KyFpfdGf.jpg Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit China. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk memberikan teguran kepada pemerintah daerah (pemda) yang belum mengantipasi virus corona atau covid-19 dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Presiden telah melihat, mencermati dan mencatat masih ada sejumlah daerah yang APBD masih business as usual. “Saya minta Mendagri, saya minta Menteri Keuangan agar mereka ditegur,” kata Presiden dalam telekonferensi, Selasa (14/4/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pangkas Belanja Tidak Prioritas!

Untuk itu, Presiden menginstruksikan kepada Mendagri dan Menkeu untuk memberikan arahan yang jelas kepada Pemda. Tujuannya, agar Pemda juga memiliki visi yang sama dalam memerangi covid-19.

“Sekali lagi saya minta Mendagri, bu Menkeu membuat pedoman bagi daerah-daerah untuk melakukan realokasi dan refocusing anggaran kegiatan-kegiatan yang ada sehingga pemerintah pusat, pemda memiliki satu visi, memiliki prioritas yang sama untuk mengatasi penyebaran covid-19,” jelas dia.

Baca Juga: Anggaran Penanganan Covid-19 Rp405 Triliun, Ini Rinciannya

Saat ini, dia melanjutkan, ada 103 daerah yang belum menganggarkan jaring pengaman sosial. Lalu ada 140 daerah yang belum menanggarkan penanganan dampak ekonomi.

“Bahkan ada 34 daerah yang belum menyampaikan data anggaran untuk penanganan covid-19,” jelas Presiden.

“Artinya ada di antara kita yang masih belum memiliki respon dan memiliki feeling dalam situasi yang tidak normal ini,” cetus Presiden.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini