Skema Belanja Modal Diubah, Menkeu: Proyek Jangan Mangkrak Tapi Hanya Di-Delay

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 20 2199738 skema-belanja-modal-diubah-menkeu-proyek-jangan-mangkrak-tapi-hanya-di-delay-kA5fMfJaeg.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Anggaran di Kementerian Lembaga yang melakukan belanja modal cukup besar akan dialokasikan. Selain itu, belanja modal tersebut akan menjadi multiyears.

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta bahwa dengan adanya skema multiyears tersebut bukan berarti proyek-proyek menjadi mangkrak.

"Ini hanya di-delay untuk diperpanjang, sehingga presure untuk APBN tahun ini akan bisa kita atasi bersama," ujar Menkeu.

Mengenai realokasi anggaran tahun 2020, Menkeu sampaikan bahwa APBN akan menghadapi tekanan yang luar biasa untuk tahun 2020 ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan fokus tahun ini ada tiga yakni: kesehatan; social safety net; dan membantu atau melindungi sektor-sektor informal, usaha kecil menengah, dan sektor dunia usaha umumnya.

”Ini juga supaya tidak terjadi penjalaran masalah dari masalah kesehatan dan kemudian menjadi masalah sosial, menjadi masalah ekonomi dan bahkan menjadi masalah sistem keuangan. Kita mencoba untuk domino efek ini tidak terjadi melalui langkah-langkah extraordinary tahun ini,” imbuh Menkeu.

Baca selengkapnya: Jadi Multiyear, Sri Mulyani: Tak Berarti Proyeknya Jadi Mangkrak

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini