Presiden Jokowi Minta Dilakukan Reformasi Sektor Pangan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 320 2202580 presiden-jokowi-minta-dilakukan-reformasi-sektor-pangan-jHpNr4Ipj3.jpg Beras (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar situasi mewabahnya covid-19 ini dijadikan momentum mereformasi kebijakan sektor pangan.

”Sekali lagi, ambil ini sebagai momentum untuk melakukan reformasi besar-besaran dalam kebijakan sektor pangan di negara kita. Jangan kehilangan momentum kita,” kata Presiden, dilansir dari laman Setkab, Selasa (21/4/2020).

 Baca juga: Stok Pangan Jelang Puasa, Menko Airlangga: Semua Relatif Tersedia

Hal tersebut dia ungkapkan dalam rapat terbatas (ratas) dengan menteri-menteri terkait. Rapat terbatas tersebut membahas langkah-langkah antisipasi yang harus dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok rakyat karena Food and Agriculture Organization (FAO) telah memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 ini dapat menyebabkan krisis pangan dunia.

”Oleh sebab itu, setiap negara terutama negara-negara produsen beras akan lebih memprioritaskan kebutuhan mereka sendiri, kebutuhan dalam negeri mereka. Dan rantai pasok bahan pangan akan terganggu karena kebijakan lockdown. Jadi kebijakan lockdown juga mempengaruhi rantai pasok bahan pangan ini,” ujar Presiden.

 Baca juga: Presiden Jokowi Pertanyakan Harga Gula yang Tembus Rp19.000/Kg

Dia juga meminta agar rantai pasokan atau supply chains sesuai dengan dinamika pergerakan kebutuhan masyarakat.

”Pastikan dalam supply chains petani mendapatkan perlindungan yang baik. Hindari praktik-praktik yang tidak sehat dengan menerapkan prinsip tata kelola yang baik,” jelas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini