Share

Dapat Stimulus, Nasabah Pegadaian Bakal Libur Bayar Cicilan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 320 2203162 dapat-stimulus-nasabah-pegadaian-bakal-libur-bayar-cicilan-1mHbHjVCFN.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan beberapa stimulus tambahan untuk membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM). Mengingat para pelaku UMKM ini menjadi salah satu sektor yang paling terdampak virus corona. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, salah satu yang akan diberikan keringan adalah para nasabah dari PT Pegadaian (Persero). Meskipun dirinya tidak menjelaskan secara detail, namun Sri Mulyani mengaku menyiapkan stimulus untuk nasabah Pegadaian. 

"Ini juga akan termasuk Pegadaian, tapi Pegadaian mekanismenya agak spesifik nanti kita bahas," ujarnya dalam telekonferensi, Rabu (22/4/2020).

Saat ini pembahasan relaksasi untuk nasabah Pegadaian dengan beberapa Kementerian dan Lembaga keaungan lainnya. Diharapkan kebijakan ini bisa segera dilaksanakan dengan beberapa stimulus lainnya. 

"Pegadaian jumlah debitur besar. Ini yang sudah diselesaikan segera dilaksanakan," kata Sri Mulyani. 

Selain itu, pemerintah bakal memberikan keringanan pembayaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku usaha kecil yang terdampak virus corona. Niali keringanan pembayaran kredit yang akan ditanggung pemerintah m,encapai Rp29,6 triliun yang berasal dari 11,4 juta debitur. 

Angka Rp29,6 triliun tersebut terdiri dari 1 juta debitur yang meminjam hingga Rp500 juta melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Adapun total kredit yang akan ditanggung untuk 1 juta debitur ini mencapai Rp2,4 triliun. 

Di sisi lain, pemerintah juga akan menanggung kredit dan bunga cicilan dari 10,4 juta debitur yang meminjam lewat program Mekar maupun PNM. Total dana yang akan ditanggung oleh pemerintah adalah sebesar Rp27,2 triliun. 

"Jadi ultramikro PIP, UMI, Mekar dan lainnya itu ada 11,4 juta debitur," ucapnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini