Share

Di Pertemuan Menteri Buruh G20, Menaker Ungkap 2 Juta Pekerja Terdampak Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 320 2204396 di-pertemuan-menteri-buruh-g20-menaker-ungkap-2-juta-pekerja-terdampak-covid-19-P010sa8r8r.jpg Menaker Ida Fauziyah. (Foto: Okezone.com/Kemenaker)

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan dampak virus corona pada para pekerja di Indonesia dalam pertemuan luar biasa dengan Menteri-Menteri Perburuhan dan Ketenagakerjaan dari Negara Anggota G20 dan Engagement Group G20.

Pertemuan secara virtual tersebut dihadiri Menteri Perburuhan dan Pembangunan Sosial Kerajaan Arab Saudi Ahmad Bin Salman AL Rajhi sebagai Ketua Pertemuan dan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial Jepang, Kato Katsunobu serta Menteri Perburuhan dan Kebijakan Sosial Italia, Nunzia Catalfo.

Baca Juga: Pemerintah Cari Mitra Kartu Pra-Kerja di Tengah Kritikan

Pada pertemuan tersebut, Ida menyarankan tiga hal kepada forum Anggota G20. Pertama, mengedepankan pentingnya solidaritas global dan itikad baik untuk bangkit paska pandemik dan menata kembali kehidupan ekonomi dan sosial yang lebih baik, khususnya bidang ketenagakerjaan. Kedua, fokus pada upaya pemulihan jangka menengah dan merencanakan pemulihan jangka panjang akibat dampak pandemik.

"Ketiga, memprioritaskan ketahanan dan stabilitas pasar domestik dan global, " katanya, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/4/2020).

Menurut Menaker Ida, saat ini, Indonesia bersama lebih dari 200 negara di dunia sedang berjuang melawan pandemik Covid-19 yang telah berdampak pada kehidupan manusia. Hingga hari ini, lebih dari 2 juta pekerja, baik di sektor formal maupun informal di Indonesia telah terdampak pada masa pandemik Covid-19 ini.

"Di Indonesia, kami telah mengkonfirmasi hampir 7.775 ribu kasus Covid-19, yang kini telah dilaporkan ke WHO, dengan lebih dari 647 orang meninggal dan sembuh 960 orang," kata Menaker Ida.

Dalam pertemuan luar biasa tersebut, Ida didampingi Dirjen PHI & Jamsos, Haiyani Rumondang; Karo Kerja Sama Luar Negeri (KLN) Indah Anggoro Putri; Ses Ditjen PHI & Jamsos, Adriani dan karo Humas Soes Hindharno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini