Tak Punya KTP Bisa Dapat Bantuan Langsung Tunai, Ini Syaratnya

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 27 April 2020 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 320 2205745 tak-punya-ktp-bisa-dapat-bantuan-langsung-tunai-ini-syaratnya-vMiKgx72WQ.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan masyarakat desa yang tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK/KTP) tetap bisa mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa.

Menurut dia, masyarakat desa yang tidak memiliki NIK nantinya tetap didata identitasnya.

"Jadi, ketika tidak punya NIK maka tidak harus dipaksakan untuk urus NIK dulu baru dapat BLT dana desa. Tapi dicatat dan alamat di tulis selengkap-lengkapnya sebagai bagian untuk pertanggungjawaban," ujar dia pada telekonferensi, Senin (27/4/2020).

Baca juga: Pekerja yang Dirumahkan dan PHK Tembus 2,2 Juta Orang

Dia menjelaskan, setiap warga desa yang mendapatkan BLT dana desa akan merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Data itu digunakan untuk mengetahui masyarakat tersebut sudah mendapat bansos atau belum.

"Karena sudah banyak masyarakat kelompok miskin yang tercover program perlindungan sosial seperti PKH, kartu sembako, dan lainnya," ungkap dia.

Baca juga: Solusi Menaker untuk Pengusaha Agar Tidak Ada PHK

Sebelumnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), memastikan pencairan bantuan langsung tunai (BLT), sudah ada 8.157 desa yang menyebar di 76 kabupaten sampai hari ini.

Hal itu, disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Menurutnya, pencairan dilakukan sesuai dengan kondisi desa masing-masing.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini