Beberkan Daerah yang Kekurangan Sembako, Jokowi: Gula Defisit di 30 Provinsi

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 320 2206079 beberkan-daerah-yang-kekurangan-sembako-jokowi-gula-defisit-di-30-provinsi-XhngW35602.jpg Presiden Jokowi Telekonferensi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta agar kebutuhan pangan di setiap daerah dapat terpenuhi. Apalagi, saat ini masyarakat sedang dihadapi oleh pandemi virus corona dan juga bulan ramadhan yang membutuhkan stok pangan yang cukup.

Oleh karena itu, dirinya ingin agar kebutuhan bahan pokok setiap daerah dihitung dengan benar. Sehingga bisa diketahui mana daerah yang surplus pangan dan mana daerah yang defisit

 Baca juga: Hari Kedua Ramadhan, Harga Beras hingga Minyak Goreng Naik

"Langkah-langkah antisipasi harus kita lakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok bagi rakyat kita. Oleh sebab itu, yang pertama saya ingin agar dilakukan hitungan yang cepat asesmen yang cepat terhadap kebutuhan bahan pokok tiap daerah, provinsi," ujarnya dalam rapat terbatas virtual, Selasa (28/4/2020).

Sebab menurut Jokowi, dirinya menerima laporan dari beberapa daerah adanya kelangkaan pada komoditas pangan. Misalnya saja, stok beras yang mengalami defisit di 7 provinsi.

 Baca juga: Disentil Jokowi tentang Harga Beras, Apa Kata Kementan dan Kemendag?

Tak hanya beras, jagung juga lebih para karena hampir 11 provinsi yang mengalami defisit. Lalu ada cabai besar yang jumlah defisitnya lebih besar lagi karena terjadi di 23 provinsi.

"Laporan yang saya terima stok beras defisit di 7 provinsi, jagung 11 provinsi, cabe besar 23 provinsi, cabe rawit 19 provinsi, bawang merah di 1 provinsi," kata Jokowi.

Sementara untuk telur ayam yang harganya relaitf satabil justru defisit di 22 provinsi. Kemudian baru-baru ini harga gula pasir yang mengalami kenaikan ternyata diakibatkan adanya difisit yang terjadi di 30 provinsi.

Tak hanya itu, stok bawang putih juga justru lebih parah lagi. Sebab, ada 31 provinsi yang mengalami defisit.

"Telur ayam 22 provinsi. Stok untuk minyak goreng diperkirakan cukup 34 provinsi. Tapi untuk stok gula pasir diperkirakan defisit 30 provinsi, bawang putih defisit 31 provinsi," kata Jokowi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini