Stimulus Bantuan Kredit Modal Usaha untuk UMKM yang Terdampak Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 320 2206896 stimulus-bantuan-kredit-modal-usaha-untuk-umkm-yang-terdampak-covid-19-ZwDJXWBfnE.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan mekanisme pemberian stimulus modal kerja. Kredit ini diberikan untuk para pelaku usaha yang ingin memulai usahanya kembali.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan menghitung total nasabah yang terdampak. Sebab menurutnya, tidak semua pelaku UMKM memerlukan bantuan modal kerja.

"Pemerintah akan menghitung keseluruhan kredit, kita melihat bahwa jumlah nasbah tersebut tidak semuanya membutuhkan modal kerja," ujarnya dalam telekonferensi, Rabu (29/4/2020).

Baca Juga: Pengusaha Ultra Mikro yang Tidak Terjangkau Perbankan Bakal Diberikan Program Khusus

Menurut Airlangga, apabila 60% UMKM membutuhkan maka pemerintah akan menyiapkan skema bantuan tersebut. Namun skema bantuan tersebut akan disalurkan secara bertahap.

“Pemerintah akan melibatkan Askrindo dan Jamkrindo sebagai sistem penjamin untuk kredit modal kerja tersebut," kata Airlangga.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah masih menghitung kebutuhan anggaran untuk stimulus ini. Perhitungan dengan mempertimbangkan total outsanding kredit dan kemungkinan modal yang dibutuhkan pelaku usaha.

Baca Juga: Ada Stimulus, Menteri Teten: UMKM Bisa Aktivitas Lagi

Jika nantinya terwujud, bantuan ini akan lebih banyak menyasar kepada asuransi kredit yang diajukan si pelaku usaha ke Bank. Sehingga opsi ini akan membantu dua pihak sekaligus antara debitur dan juga pemberi pinjaman.

"Kalau bank tersebut menghadapi risiko lebih tinggi, pemerintah berikan dua opsi, mereka bisa asuransikan kredit modal kerja tersebut. Sehingga ada jaminan kalau ada risiko terhadap modal tersebut, maka dia diasuransikan," jelas Sri Mulyani.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini