Share

McDonald's Juga Pernah Terusir dari Sarinah pada 2009, Begini Ceritanya

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 320 2210958 mcdonald-s-juga-pernah-terusir-dari-sarinah-pada-2009-begini-ceritanya-3Drgi1kzZq.jpeg McDonald's Sarinah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Kabar tutupnya McDonald’s Sarinah Thamrin menjadi trending topic hari ini. McDonald's Sarinah Thamrin akan tutup secara permanen pada 10 Mei 2020 pukul 22.05.

Penutupan gerai pertama di Indonesia ini ternyata bukan karena McDonald's bangkrut. Penutupan McDonald's merupakan permintaan dari manajemen Gedung Sarinah. Adapun permintaan penutupan disampaikan melalui surat yang diberikan pada 30 April 2020.

Baca juga: Beroperasi 1991, McD Sarinah Pertama dan Tertua di Indonesia

Ternyata ini bukan pertama kalinya McD didepak dari Sarinah. Kejadian serupa pernah terjadi pada 2009. McDonald’s sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada tahun 2009 lalu berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada tahun 2011 melalui proses tender.

mcd

Saat itu, McD harus pergi dari Sarinah karena konflik antara Bambang Rachmadi yang dulunya merupakan brand developmental license McDonald's. Bambang Rachmadi tidak terima digantikan oleh PT Rekso Nasional Food, yang merupakan bagian dari Grup Sosro (Rekso). Akhirnya, Bambang mendirikan ToniJack's di Sarinah, bekas gerai McDonald's.

Baca juga: Setelah KFC, Kini McD Tutup di Tengah Virus Corona

Sayangnya keberadaan ToniJack’s di Sarinah tidak lama. Gerainya di Sarinah tutup pada 2010. Setelah ToniJack’s bangkrut, McDonald's kembali menempati tempat yang sama itu, yakni dipojok dekat perempatan Sarinah, Jalan Thamrin.

"Kita akhirnya buka lagi di Sarinah," ungkap Koko Hadiono yang dulu menjabat sebagai Direktur Operasi dan Training Rekso Nasional Food, di Jakarta, Jumat 11 Februari 2011.

Dia bercerita, usai tergusur pihaknya memang mencari tempat untuk gerai barunya di daerah Jalan Thamrin tapi selalu gagal. Sampai akhirnya datang undangan tender dari Sarinah untuk menempati gerainya yang dulu.

"Kita cari lokasi sampai ke Kebon Kacang. Tapi tidak ada yang cocok, pernah hampir deal, tapi akhirnya harganya tidak cocok. Lalu datang undangan (dari Sarinah), ya kita ambil," cetusnya.

McDonald's ikut tender di Sarinah pada kuartal III-2010. Pada kuartal IV diumumkan jika pihaknya yang memenangi kompetisi yang membuatnya mendapatkan kontrak tempat di Sarinah lebih dari 10 tahun. Akhirnya, pada 14 Maret mendatang gerai McDonald's di Sarinah akan buka kembali.

mcd

Pada kisah penutupan kali ini, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia, Michael Hartono, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua konsumen setia dan telah bersama-sama membesarkan McDonald’s Sarinah Thamrin.

“Bagi kami, tentu peristiwa ini memiliki kesan yang sangat mendalam karena sejarah, kenangan dan perayaan berbagai peristiwa penting yang selalu bertempat di McDonald’s Sarinah," jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (8/5/2020).

Baca juga: Setelah KFC, Kini McD Tutup di Tengah Virus Corona

McDonald's Sarinah merupakan gerai McDonald's pertama yang dibuka di Indonesia. Dibuka pada 14 Februari 1991, McDonald's Sarinah Thamrin sudah beroperasi hampir 30 tahun.

Saat ini, McDonald's sudah memiliki sekitar 227 restoran yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sejak 2009, lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group.

Kendati McDonald's Sarinah tutup, konsumen di kawasan Thamrin dapat mengunjungi gerai lain yang dekat lokasi seperti McDonald's Hayam Wuruk, Raden Saleh, Cideng dan Central Plaza.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini