Topang Ekonomi RI, Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 12:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 14 320 2213944 topang-ekonomi-ri-presiden-jokowi-ajak-masyarakat-gunakan-produk-lokal-Biba0OR8tc.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan 213 negara menghadapi situasi sulit karena tekanan pandemi virus corona. Oleh karena itu, Indonesia harus mampu bertumpu pada kekuatan sendiri, supaya perekonomian bisa bertahan.

Salah satu upaya untuk menopang ekonomi RI dengan menggunakan produk dalam negeri. Selain mendorong ekonomi, cara ini dapat membantu para Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) untuk bertahan di tengah pandemi virus corona.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pandemi Tak Menghalangi Kita untuk Berkreasi dan Berinovasi

Menurut Jokowi, produk-produk Indonesia bagus-bagus, dari desain hingga kualitas tidak kalah dengan produk dalam negeri. Di dalam negeri juga banyak produk bermutu yang dihasilkan dari industri rumahan, petani dan nelayan.

"Produk ini harus menjadi kebanggaan kita, menumbuhkan kepercayaan diri kita sebagai sebuah bangsa yang besar. Bangsa yang bangga terhadap hasil karya bangsanya sendiri," ujarnya, dalam telekonferensi, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: Prinsip Pemulihan Ekonomi dari Covid-19: Cepat, Transparan dan Akuntabel

Jokowi melanjutkan, karya atau produk dari Indonesia harus diapresiasi, dihargai dan tentunya didukung. Kita beri ruang seluas-luasnya pada produk UMKM.

"Jadi ini harus kita manfaatkan dan kita gunakan, untuk keselamatan dan untuk kemajuan bangsa dan negara kita," ujarnya.

Sebagai informasi, Kementerian Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan ada 64 juta unit usaha yang terdampak pandemik Covid-19. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini pun tengah membutuhkan bantuan supaya bisa bertahan di tengah penyebaran virus corona.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini