Imbas Corona, ASDP Pangkas Rencana Investasi Rp 500 Miliar

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 320 2214209 imbas-corona-asdp-pangkas-rencana-investasi-rp-500-miliar-3enVSROkYZ.jpg Dirut ASDP Ira Pusapadewi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memangkas rencana investasi pada tahun ini. Hal tesebut menyusul adannya pandemi corona yang terjadi di Indonesia.

Direktur Utama ASDP Ira Pusapadewi mengatakan, perseroan memutuskan untuk memotong rencana belanja modal atau capital expenditure (capex) sepanjang 2020 sebesar 30%. Artinya, belanja modal perseroan akan berkurang Rp500 miliar dari rencana awal.

"Rencana investasi kami potong 30%. Jadi total investasi kami tahun ini menjadi 70% dari rencana semula," ujarnya dalam teleconfrence, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: Mudik Dilarang, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Berhenti Beroperasi

Menurut Ira, semula belanja modal dari perseroan pada RKAP tahun ini sebesar Rp1,4 triliun. Namun karena adanya pemangkasan ini, belanja modal menyisakan Rp900 miliar saja. Pemotongan rencana investasi bersumber dari arus internal kas perusahaan.

"Tahun ini rencana investasi Rp1,4 triliun, dipotong jadi Rp 900 miliar sekian," kata Ira.

Baca Juga: Mudik Tetap Dilarang, Kemenhub Akan Keluarkan SE Berpergian untuk Kepentingan Mendesak

Meskipun begitu, pemotongan belanja modal tidak akan mengganggu pengembangan investasi di aspek-aspek yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan. Termasuk penugasan dari pemerintah, terkait dengan program-program strategis terus berlanjut.

"Program besar kita misalnya agenda nasional tetap, pengembangan Labuan Bajo, ada beberapa hal yang program nasional berkaitan dengan tamu internasional 2021 tetap," jelasnya.

Tak hanya itu, rencana pengembangan proyek Pelabuhan Padang Bai-Lembar juga akan tetap berlanjut. Sebab, investasi yang dipotong adalah hal-hal yang tidak memberi revenue langsung, serta aspek-aspek yang bersifat 'kosmetik'.

"Intinya yang tidak memberi revenue langsung, hanya kosmetik atau soal keindahan, maka kita potong," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini